5 Penyebab Ketombe Perlu Kamu Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
5 Penyebab Ketombe Perlu Kamu Tahu
Ketombe yang sering ditemukan di permukaan kulit kepala di antaranya rambut maupun bahu, disebabkan banyak faktor. Foto: Repro google.com

" Beberapa kondisi kulit tertentu, seperti eksim, ringworm, psoriasis, dan dermatitis kontak juga memiliki risiko berketombe "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi kepala yang cukup mengurangi percaya diri adalah kulit kepala ditumbuhi ketombe. Banyak faktor yang menyebabkan ketombe di kepala.

Dikutip dari kemkes.go.id, ketombe merupakan suatu kondisi kulit kepala yang besifat kronik yang ditemukan di skuama atau serpihan-serpihan kulit kepala atau pengelupasan lapisan tanduk secara berlebihan dari kulit kepala.

Pada umumnya ketombe berwarna putih keabu-abuan atau kadang kekuningan yang berminyak tetapi tidak melekat erat di kulit kepala, sering ditemukan di permukaan kulit kepala di antara rambut maupun di bahu.

Banyak faktor yang menyebabkan ketombe di kepala bermunculan. Melansir kompas.com dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab timbul ketombe yang perlu kamu ketahui:

1. Sensitif terhadap jamur

Malassezia Malassezia adalah jamur yang secara alami ada di kulit kepala dan memakan minyak yang diproduksi oleh folikel rambut.

Baca Juga: 3 Bahan Alami Bisa Atasi Ketombe yang Membandel

Malassezia biasanya tidak menyebabkan permasalahan tertentu, tetapi akan memicu munculnya ketombe rambut pada beberapa orang yang sensitif terhadap jamur ini.

2. Mengalami dermatitis seboroik

Penderita dermatitis seboroik memiliki kulit berminyak, iritasi, dan memiliki risiko besar untuk mengalami ketombe.

Tidak hanya di bagian kulit kepala saja, bagian kulit di belakang telinga, alis, dada, dan bagian tubuh lainnya akan memiliki kulit yang kemerahan, berminyak, atau bersisik.

3. Kekurangan nutrisi

Konsumsi makanan tertentu ternyata bisa menyebabkan permasalahan kulit, termasuk ketombe di kepala.

Meskipun belum terbukti bisa mengatasi ketombe, menambah asupan nutrisi, seperti zinc, vitamin B, dan lemak omega-6 bisa membantu.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Ketombe

4. Tidak cocok dengan produk perawatan rambut tertentu

Beberapa jenis sampo dan produk perawatan rambut tertentu akan melukai kulit kepala dan menyebabkan ketombe sehingga perlu segera diganti dengan produk lainnya yang tidak menimbulkan iritasi.

5. Memiliki kondisi kulit tertentu

Beberapa kondisi kulit tertentu, seperti eksim, ringworm, psoriasis, dan dermatitis kontak juga memiliki risiko berketombe.

Nah, itulah beberapa penyebab sehingga kepala berisiko ditumbuhi ketombe. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga