Ini 3 Ciri Utama Orang Mati Rasa, Apa Kamu Alami?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 13 April 2022
0 dilihat
Ini 3 Ciri Utama Orang Mati Rasa, Apa Kamu Alami?
Seseorang alami perasaan yang mati rasa. Foto: Repro google.com

" Emotional numbness atau mati rasa secara emosional merupakan sesuatu yang kebanyakan orang akan alami di beberapa titik dalam hidup mereka "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi yang biasanya dialami seseorang dalam hidupnya adalah mati rasa atau kondisi ketika seseorang mengalami penurunan reaksi emosional.

Mengutip kompas.com, emotional numbness atau mati rasa secara emosional merupakan sesuatu yang kebanyakan orang akan alami di beberapa titik dalam hidup mereka.

Biasanya, perasaan ini bersifat sementara. Namun, bagi beberapa orang, emotional numbness menjadi cara hidup untuk melindungi diri dari rasa sakit emosional atau fisik.

Umumnya, orang mengalami mati rasa karena beberapa hal, antara lain pernah mengalami kejadian yang menyakitkan atau trauma, pernah tersakiti secara emosional yang cukup besar atau tidak terlupakan dan lukanya masih membekas.

Selain itu, orang yang mati rasa bisa juga karena sedang mengalami kesedihan. 

Melansir yoursay.id, berikut ini 3 ciri utama yang menandakan bahwa seseorang mati rasa.

1. Kehilangan minat dengan hal yang dulu disukainya

Saat kamu yang sebelumnya sangat menyukai kegiatan atau hal-hal lain, tapi sekarang tidak ada gairah sama sekali, itu bisa menjadi salah satu ciri bahwa kamu mati rasa.

Kehilangan minat untuk melakukannya kembali bahkan enggan. Sudah tidak ada semangat untuk melakukan hal-hal yang dulu kamu sukai. Hal yang dulu kamu sukai sudah tidak bisa menjadi sumber kebahagiaanmu.

2. Merasa jauh dari orang lain

Orang yang mati rasa akan merasa sendirian. Merasa tidak ada yang menemani. Mereka merasa tidak mempunyai siapapun dan bahkan tetap merasa sepi meskipun di sekumpulan banyak orang.

Baca Juga: Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur dan Buka Puasa, Ini Akibatnya

Orang yang mengalami mati rasa merasakan hidupnya datar dan hampa. Tidak ada yang membuatnya merasa bersemangat.

3. Sulit bahagia

Sulit bahagia menjadi salah satu ciri utama orang mati rasa. Ia seperti kehilangan banyak motivasi dan semangat hidup. Karena hidupnya yang terasa datar, orang yang mati rasa menjadi sulit untuk tertawa.

Dalam pikiran mereka mungkin hanyalah kesakitan yang masih mereka alami. Mereka seakan tidak tahu apa lagi yang menjadi sumber kebahagiannya. Menjadi sulit tertawa dan sulit membahagiakan dirinya sendiri.

Cara Penanganan Mati Rasa:

Untuk kamu yang merasakan ketiga ciri di atas, tolong kembalilah seperti dulu. Lakukan aktivitas yang membuatmu bahagia dan merasa bersemangat untuk menjalani hidup.

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Ginjal Lewat 6 Cara Ini

Maafkan kesalahan orang lain yang mungkin masih membekas di dalam hatimu. Kebahagiaan tidak harus dari hal-hal yang besar. Cobalah untuk menghadapi semua kesulitan hidup dengan lapang dada. Memang menyakitkan, tapi kamu harus bahagia, tertawa lepas, dan bermain bersama teman-teman yang lain.

Jika kamu sudah berusaha tapi kamu masih merasa sakit dan sendirian, kamu bisa menemui psikiater untuk konsultasi mengenai keadaanmu. Luka yang kamu alami adalah pendorong yang sangat kuat untuk merubahmu menjadi orang yang hebat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga