adplus-dvertising

6 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 08 Desember 2022
348 dilihat
6 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Anak
Selain menjaga kebugaran, sepak bola juga punya manfaat lain ketika anak melakukan olahraga satu ini. Foto: Repro shutterstock

" Olahraga pada umumnya adalah semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai, salah satunya sepakbola "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu cabang olahraga yang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah sepak bola. Bukan hanya baik untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Dikutip dari halodoc.com, olahraga pada umumnya adalah semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai, salah satunya sepakbola.

Sepak bola dan cabang olahraga lainnya bertujuan untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan efek relaksasi ke orang yang melakukan olahraga dan hiburan ke orang yang menonton. 


Namun selain menjaga kebugaran, sepak bola juga punya manfaat lain ketika anak melakukan olahraga satu ini.

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa manfaat bermain sepak bola bagi perkembangan anak:

1. Meningkatkan kebugaran

Dua kriteria penting yang harus dimiliki pemain sepak bola adalah harus sehat dan gesit.

Permainan ini mengharuskan anak-anak berlari lebih cepat untuk mengejar bola di lapangan yang cukup besar.

Aktivitas ini membangun daya tahan dan kecepatan si Kecil. Menggiring bola dan memasukkan bola ke dalam gawang lawan bisa melatih ketangkasan dan rasa kerjasama anak dengan orang lain.

2. Membangun kepekaan sosial

Bermain dengan tim akan mengembangkan kemampuan anak untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan anak-anak lain.

Baca Juga: 4 Jenis Vitamin Ini Bantu Menjaga Kesehatan Pernapasan

Untuk memenangkan sebuah pertandingan sepak bola, seluruh tim harus berkomunikasi dan bekerja sama.

Posisi pemain sepak bola yang ada di lini belakang dan bertugas sebagai pertahanan harus membantu pemain tengah (gelandang) dan pemain depan (penyerang) saat menyerang ke gawang lawan.

Pada saat mereka mendapatkan serangan lawan, pemain depan atau lebih sering dikenal dengan striker harus membantu pemain belakang untuk membantu pertahanan.

Saat menggiring bola sampai bisa menjebol gawang lawan, hal ini membutuhkan komunikasi dan kepercayaan antara pemain.

Kerjasama ini mengembangkan kemampuan sosial anak. Anak-anak yang menyukai sepak bola akan lebih mudah mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan rasa sosial mereka.

3. Mengembangkan kepribadian baik

Permainan sepak bola sangat menekankan kerjasama tim secara keseluruhan, bukan hanya keahlian individu.

Itulah alasan kenapa permainan ini kurang disukai oleh anak-anak yang hanya menyukai olahraga atletik, seperti lari atau berenang. Aktivitas fisik ini mendorong kerjasama tim dan komunikasi antar pemain.

Hal ini membiarkan anak memahami kepribadian mereka dan menghubungkannya dengan kesuksesan tim dibandingkan hanya berpikir untuk mengungguli rekan setim.

Selain itu, latihan ini juga membentuk pribadi anak yang disiplin dan kreatif dalam memecahkan masalah.

4. Melatih kekuatan otot dan tulang

Melatih kekuatan berarti tidak harus mengangkat beban yang berat. Sebagai gantinya, anak-anak dapat melakukan aktivitas fisik lainnya seperti sepak bola untuk mengencangkan dan memperkuat otot.

Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang diterbitkan di Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports, menunjukkan bahwa bermain sepak bola secara teratur dapat meningkatkan massa tulang dan kepadatan tulang.

Bahkan tidak hanya itu, aktivitas fisik yang hampir disukai kebanyakan anak ini bisa memicu peningkatan yang signifikan dalam keseimbangan postur berdiri sekaligus memperkuat otot.

Meski sepak bola rentan dengan benturan dan memar, tapi kekuatan otot yang telah terbentuk dari aktivitas ini akan membantu mengurangi risiko yang lebih serius seperti patah tulang.

5. Mengurangi stres

Ya, terlepas dari apa pun hasilnya, baik menang atau kalah di lapangan, bermain sepak bola dapat meningkatkan mood sebagian besar anak-anak.

Hal ini terjadi berkat endorfin atau zat kimia yang berkaitan dengan suasana hati yang dilepaskan dari otak saat seseorang aktif secara fisik.

Baca Juga: 4 Obat Tradisional Ini Bisa Atasi Perut Sering Mulas

Endorfin tidak hanya meningkatkan suasana hati anak Anda, tetapi juga dapat membuat suasana hati si Kecil lebih rileks setelah mereka turun dari lapangan.

Bahkan, bermain soccer atau aktivitas fisik lainnya dalam jangka panjang sebenarnya dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres pada anak Anda.

6. Menurunkan risiko terkena penyakit

Dalam situs Kemenkes RI, dijelaskan bila aktivitas fisik anak yang tidak cukup dapat meningkatkan risiko si Kecil terkena sejumlah penyakit.

Dalam hal ini, bermain sepak bola menjadi salah satu aktivitas yang baik dilakukan oleh anak.

Adapun manfaat bermain sepak bola, yakni dapat menurunkan risiko anak untuk terkena diabetes tipe 2 dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, anak-anak dan remaja yang memiliki aktivitas fisik yang cukup cenderung akan terhindar terkena tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat anak bermain sepak bola bersama teman-temannya. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga