5 Tips Agar Bisa Fokus dalam Bekerja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 27 Februari 2023
0 dilihat
5 Tips Agar Bisa Fokus dalam Bekerja
Penting untuk mengetahui tips fokus dalam bekerja agar kita lebih produktif. Foto: Repro google.com

" Tidak fokus bekerja menjadi kendala yang seringkali dialami sebagian orang. Hal ini pun jelas berdampak pada produktivitas, maka perlu mengetahui cara agar fokus dalam bekerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidak fokus bekerja menjadi kendala yang seringkali dialami sebagian orang. Hal ini pun jelas berdampak pada produktivitas, maka perlu mengetahui cara agar fokus dalam bekerja.

Pada umumnya, dikutip dari kompas.com, bekerja dengan konsentrasi penuh ini dinamakan deep work. Fokus dan konsentrasi dalam hal apapun akan mendorong kemampuan kognisi atau berpikir, sehingga dapat memberi hasil yang memuaskan.

Selain tugas selesai sesuai deadline, kamu juga mampu membuahkan ide, gagasan maupun inovasi baru terkait pekerjaan. Ini sangat baik bagi perkembangan karir ke depannya.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui tips agar fokus dalam bekerja.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Agar Mencintai Pekerjaan

Melansir liputan6.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa kosentrasi dan fokus dalam bekerja:

1. Mengendalikan diri

Pengendalian diri merupakan hal terpenting yang perlu kamu lakukan agar tetap bisa fokus. Ketika kamu merasa kehilangan kendali, hal ini dapat membuat pekerjaanmu menjadi kacau dan berantakan.

Oleh karena itu, jangan terdorong untuk melakukan hal-hal yang dirasa tak menguntungkanmu dalam bekerja.

Tindakan mengendalikan diri perlu dilakukan agar kamu tidak membuang buang waktu dan menggunakan waktumu secara efektif.

2. Energi

Saat di pagi hari, jangan lupa untuk sarapan. Pentingnya sarapan adalah untuk membantu aktivitasmu sampai menjelang makan siang. Sarapan dapat memberikan energi di pagi hari.

Oleh karena itu, sarapan sangat penting dibutuhkan tubuh serta otak agar tetap terus fokus saat bekerja. Selain itu, untuk mendapatkan energi yang cukup, kamu perlu mendapat cukup tidur dan makan secara teratur.

3. Mengatur Jadwal

Untuk mengatur aktivitasmu sehari-hari, kamu perlu membuat perkiraan jadwal. Saat mengikuti jadwal yang telah dibuat, kamu bisa mengikuti prioritas apa yang kamu perlu lakukan dan apa yang mesti kamu hindari.

Dengan adanya jadwal yang struktur, kamu bisa terfokus untuk mengikuti kegiatan yang ada sehingga menguangi kekacauan dalam hidupmu. Hal ini juga sangat berguna agar membuatmu tetap fokus.

4. Emosi

Suasana hati dan emosimu punya pengaruh besar terhadap fokusmu untuk melakukan aktivitas dan bekerja. Jika tempatmu bekerja sangat mempengaruhi emosimu, membuatmu merasa takut ataupun merendahkanmu, maka hal ini dapat berpengaruh kepada kinerjamu.

Itu sebabnya kamu sangat perlu untuk memahami dirimu sendiri dikala menghadapi hal tersebut. Kamu perlu mengendalikan emosimu agar tak selalu merasakan hal demikian. Jika kamu bisa mempertahankan emosimu saat bekerja, hal ini dapat berpengaruh besar terhadap fokusmu dalam bekerja.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Anak Terhindar dari Pergaulan Bebas

5. Rasa Tertarik

Daya tarik membuat orang bisa semakin semangat dalam melakukan sesuatu. Kamu perlu tertarik terhadap sesuatu agar tetap bisa fokus. Dengan mengerjakan sesuatu yang erat hubungannya pada hal-hal yang membuatmu tertarik, tindakan tersebut dapat terus membuatmu termotivasi.

Minat dan motivasimu dalam bekerja dapat menimbulkan rasa kepedulian terhadap pekerjaan. Jika kamu malah mengalami hal sebaliknya, hal itu dapat menyebabkan kurangnya produktivitas dalam pekerjaanmu.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu Telisikers lakukan agar bisa kosentrasi atau fokus saat bekerja. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga