Life Hack Atasi Nasi Lembek Kebanyakan Air

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Jumat, 12 Januari 2024
0 dilihat
Life Hack Atasi Nasi Lembek Kebanyakan Air
Nasi yang kebanyakan air akan mengakibatkan tekstur menjadi lembek dan mudah basi. Foto: Repro Parapuan

" Meskipun tetap bisa dimakan, namun tekstur nasi yang terlalu lembek kurang disukai oleh sebagian orang. Tidak hanya itu, nasi lembek juga berpotensi lebih mudah bau dan basi "

KENDARI, TELISIK.ID - Meskipun tetap bisa dimakan, namun tekstur nasi yang terlalu lembek kurang disukai oleh sebagian orang. Tidak hanya itu, nasi lembek juga berpotensi lebih mudah bau dan basi.

Dalam hal ini, takaran air menjadi salah satu aspek krusial yang harus diperhatikan saat memasak beras. Lantaran penggunaan air terlalu banyak dapat membuat nasi jadi lembek atau bahkan bisa mendekati tekstur bubur.

Dilansir dari delicious.com.au, permasalahan yang sering dialami banyak orang dalam masak nasi adalah airnya berlebihan. Cukup gunakan satu cup air untuk memasak satu mangkuk nasi. Di Indonesia sendiri sering mengukurnya ketinggian air dengan satu ruas jari di atas beras.

Baca Juga: 6 Rekomendasi dengan Konsep Unik Ide Kue Ulang Tahun Anti Mainstream

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Gangguan Sinyal pada Handphone

Jika nasi yang dibuat masih mengandung terlalu banyak air, sebaiknya jangan buru-buru dibuang karena masih bisa diatasi. Salah seorang warganet di TikTok dengan nama akun @zettyadnan1 punya cara mengatasi nasi yang kelebihan air dengan menggunakan roti tawar.

Roti tawar diletakan diatas nasi yang dimasak dan dibiarkan hingga roti menyerap kandungan air yang berlebihan. Setelah itu tekstur nasi akan lebih kering sedangkan roti yang berubah menjadi lembek.

Selain itu dikutip dari Akurat.co cara yang paling sederhana untuk mengatasi nasi yang kelembekan atau kebanyakan air adalah dengan meletakkannya di dalam kulkas. Suhu dingin di dalam lemari es dapat membantu mengurangi kadar dalam nasi sehingga teksturnya jadi sedikit lebih keras. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga