4 Tips Jitu Anak Terhindar dari Pergaulan Bebas

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 25 Februari 2023
0 dilihat
4 Tips Jitu Anak Terhindar dari Pergaulan Bebas
Pergaulan bebas jika dibiarkan bisa berbahaya, jadi pahami cara menghindari pergaulan bebas. Foto: Repro freepik.com

" Pergaulan bebas bisa mempengaruhi kepribadian seseorang yang mengarah pada hal negatif dalam mode, tren, dan perilaku "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kekhawatiran orang tua terhadap anak-anaknya adalah pergaulan bebas. Maka hal ini harus dihindari sebab dapat membahayakan kesehatan, keselamatan, dan masa depan anak-anak kita.

Dikutip dari cnbcindonesia.com, pergaulan bebas merupakan perilaku menyimpang yang tak sesuai norma dan ajaran agama. Contoh pergaulan bebas adalah memakai narkoba, minum minuman alkohol, hingga seks bebas.

Pergaulan bebas bisa mempengaruhi kepribadian seseorang yang mengarah pada hal negatif dalam mode, tren, dan perilaku. Pergaulan bebas jika dibiarkan bisa berbahaya, jadi pahami ciri-ciri, dampak, hingga cara menghindari pergaulan bebas.

Dilansir yoursay.id dari laman Hellosehat, berikut adalah beberapa tips yang bisa orang tua lakukan agar anak terhindar dari pergaulan bebas:

1. Tetapkan Aturan Tegas di Rumah

Agar anak terhindar dari pergaulan bebas yang buruk, orang tua juga bisa menetapkan aturan tegas di rumah. Misalnya seperti menetapkan jam malam yang tidak boleh dilanggar oleh anak kecuali ada urusan yang cukup penting.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengobati Sakit Telinga di Rumah

Orang tua juga bisa membuat larangan agar tidak mengajak teman lawan jenis bermain di dalam kamar anak.

2. Ajak Anak Berdiskusi

Cara pertama agar anak terhindar dari pergaulan bebas adalah dengan meyediakan waktu luang untuk mereka dan memanfaatkannya untuk bertukar cerita dan saling bertukar kabar.

Orang tua bisa memancing obrolan dengan topik sederhana, seperti kegiatannya selama di sekolah. Memulai obrolan dengan topik ringan akan lebih mudah menggiringnya ke obrolan utama, yakni tentang pergaulan bebas.

Biarkan anak memberikan pertanyaan agar mereka tidak merasa bingung dengan penjelasan yang telah diberikan orang tua.

3. Kenali Semua Teman Anak

Cara terakhir agar anak terhindar dari pergaulan bebas adalah dengan mengenali satu per satu teman anak. Karena pergaulan bebas biasanya disebabkan oleh lingkungan pertemanan yang tidak sehat.

Baca: 8 Bahan Alami Pengencer Dahak yang Mudah Dijajal di Rumah

Oleh karena itu, mengenali semua teman anak akan membuat orang tua tahu seperti apa lingkungan pergaulan anak sehari-hari.

4. Berikan Pendidikan Seksual

Sebagian orang tua mungkin merasa malu jika harus memberikan pendidikan seksual pada anak. Padahal pendidikan ini sangat penting. Pendidikan seksual tidak selalu tentang hubungan seks.

Mulai dengan menjelaskan perbedaan tubuh laki-laki dan perempuan, dan berikan juga penjelasan tentang perubahan tubuh ketika memasuki masa puber, bagaimana kehamilan bisa terjadi, risiko hamil di usia dini, dan bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh orang lain.

Nah, itulah beberapa tips yang orang tua bisa lakukan agar buah hati terhindar dari pergaulan bebas yang memiliki dampak buruk bagi masa kini dan masa depan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga