Ini Tips Pilih Handuk yang Tepat, Jangan Asal Pilih

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 07 Agustus 2023
0 dilihat
Ini Tips Pilih Handuk yang Tepat, Jangan Asal Pilih
Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih handuk, karena handuk sendiri cenderung menumpuk residu sabun seiring waktu yang dapat menyebabkannya menjadi kaku. Foto: Grid.id

" Sebagai salah satu perlengkapan mandi, memilih handuk perlu pertimbangan khusus. Handuk berfungsi membasuh dan mengeringkan tubuh selesai mandi "

KENDARI, TELISIK ID - Sebagai salah satu perlengkapan mandi, memilih handuk perlu pertimbangan khusus. Handuk berfungsi membasuh dan mengeringkan tubuh selesai mandi. 

Maka itu, memilih handuk tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, handuk langsung bersentuhan dengan tubuh atau kulit, bahkan dengan area sensitif sehingga sekresi urine dan dubur dengan cepat berpindah ke handuk mandi.  

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan handuk yang tepat dan nyaman digunakan sehari-hari. Clara Teo, salah satu pendiri Sunday Bedding, memberikan tips dalam memilih handuk mandi yang tepat.

Baca Juga: Cara Atasi Tumit dan Kaki Pecah-Pecah

Mengutip Cnnindonesia.com, handuk cenderung menumpuk residu sabun seiring waktu. Ini dapat menyebabkannya menjadi kaku. Jika itu terjadi, cukup rendam dalam air hangat dengan sedikit cuka putih untuk melembutkan handuk.

Hindari pelembut pakaian dan ingatlah bahwa mengeringkannya dengan mesin pengering akan membuatnya lebih lembut.

Berikut tips memilih handuk yang tepat seperti dikutip dari Cnnindonesia.com dan kompas.com:

1. Bahan katun yang terbaik

Secara umum, katun adalah standar terbaik untuk handuk karena awet, lembut, dan daya serapnya yang baik.

"Cari handuk yang 100 persen katun, karena merekalah yang lulus uji kelembutan, daya serap, dan daya tahan. Bahannya bernapas dan nyaman sehingga tidak mengiritasi kulit dan ramah untuk kulit sensitif," kata Teo.

2. Sesuaikan ukuran

Handuk katun khas, termasuk yang ada di hotel, biasanya memiliki berat antara 300-600 GSM atau gram per meter persegi.

Baca Juga: 7 Posisi Seks Aman Tak Buat Sesak Napas

3. Pilih yang organik

Menurut Teo, pabrik tekstik bisa penuh dengan bahan kimia berbahaya karena digunakan dalam proses pewarnaan, perawatan dan pencucian.

"Cari handuk bersertifikat organik yang tidak terlalu keras untuk kulit Anda. Handuk bersertifikat GOTS (Standar Tekstil Organik Global) berarti tidak ada bahan kimia beracun yang digunakan selama proses produksi," katanya.

4. Periksa label

Cara memilih handuk mandi yang tepat adalah memeriksa labelnya. Handuk mandi berkualitas baik dapat bertahan selama 10 tahun dengan perawatan tepat. Selalu periksa label pada handuk mandi untuk mengetahui instruksi perawatan khusus sebelum melanjutkan dengan mencuci dan mengeringkan. 

Cara melipat handuk Melipat handuk mandi dan tangan menjadi tugas yang tidak boleh diremehkan. Pasalnya, salah-salah bisa membuat rak atau ruang penyimpanan berantakan serta tidak muat menyimpan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga