Kram saat Berhubungan Seks, Begini Cara Atasinya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 20 Agustus 2023
0 dilihat
Kram saat Berhubungan Seks, Begini Cara Atasinya
Kram biasanya muncul karena posisi seks yang kurang nyaman. Foto: Haibunda.com

" Beberapa pasangan seringkali merasa kram otot saat berhubungan seks. Rasa ini sering membuat tak nyaman dan mengharuskan hubungan seks terhenti sesaat "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa pasangan seringkali merasa kram otot saat berhubungan seks. Rasa ini sering membuat tak nyaman dan mengharuskan hubungan seks terhenti sesaat.

Kram biasanya muncul karena posisi seks yang kurang nyaman. Selain itu, pasangan juga tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sehingga membuat otot menjadi kram. Di sisi lain, kram bisa juga terjadi karena dehidrasi, lelah otot, hingga keringat berlebih.

Sebab kram otot sangat mengganggu hubungan seks ini, penting untuk pasangan menghindarinya. Cara untuk menghindari kram saat hubungan seks ini bisa dilakukan dengan berbagai hal, dilansir Suara.com-jaringan Telisik.id dan CNNIndonesia.com dari laman Health Shots, berikut beberapa cara mengurangi kram otot saat berhubungan seks:

1. Ganti posisi

Pasangan bisa mencoba mengubah posisi berhubungan seks agar tidak terjadi kram otot. Hal ini akan berguna untuk mencegah kram karena posisi seks yang terlalu menekan otot.

Baca Juga: Tips Seks Tak Kuras Banyak Energi, Cocok Dipakai Setelah Lelah Rayakan Agustusan

2. Diet atau atur pola makan

Kram otot bisa juga disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan potasium sehingga menyebabkan otot menjadi kaku. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengurangi kram otot.

Makanan yang mengandung kalium di antaranya, pisang, jeruk, kentang, tomat, nanas, dan lain-lain.

3. Konsumsi vitamin E

Mengkonsumsi vitamin E, akan membantu memperkuat kekebalan tubuh. Hal ini juga akan sangat membantu mengurangi kram otot saat berhubungan seks. Vitamin E sendiri bisa ditemukan pada kacang-kacangan, buah-buahan, berbagai minyak, dan daun-daunan hijau seperti bayam hingga brokoli.

4. Vitamin B kompleks

Nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk mencegah kram saat berhubungan seksi yaitu vitamin B kompleks. Vitamin ini akan membantu mengurangi kekakuan pada otot sehingga mencegah kram saat berhubungan seks.

Berbagai makanan yang mengandung vitamin B kompleks di antaranya telur, ikan, oatmeal, kacang kedelai, dan lain-lain.

Baca Juga: Alasan Wanita Tak Basah Saat Berhubungan Seks

5. Jaga gaya hidup

Cara lain untuk mencegah kram saat berhubungan seksi itu dengan memperhatikan gaya hidup. Usahakan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih. Pasangan juga penting melakukan foreplay terlebih dahulu sebelum memulai hubungan seks.

Olahraga juga bisa menjadi hal penting untuk mencegah kram saat berhubungan seks. Hindari juga merokok dan konsumsi alkohol berlebihan karena dapat membuat otot menjadi kaku dan kram saat berhubungan seks dengan pasangan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga