Simak Aturan Waktu Minum Obat saat Puasa yang Tepat, Bisa Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 18 Maret 2024
0 dilihat
Simak Aturan Waktu Minum Obat saat Puasa yang Tepat, Bisa Dicoba
Perlu mengetahui aturan minum obat saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Foto: Repro Freepik

" Saat berpuasa, jadwal konsumsi obat tentu akan berubah karena waktu untuk minum obat pun berubah dari 24 jam menjadi hanya 10,5 jam selama bulan Ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID - Seringkali saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, kondisi kesehatan sedang sakit sehingga harus mengonsumsi obat. Maka perlu mengetahui jadwal minum obat yang tepat agar puasa tetap berjalan lancar.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, saat puasa Ramadan, tak sedikit orang yang tetap ikut menjalankan puasa meski dalam keadaan sakit sekalipun, beberapa orang tetap harus mengonsumsi obat-obatan demi kesembuhan sehingga tetap bisa beribadah dan mendapatkan efek terapi obat yang optimal.

Alhasil, pola makan dan minum akan berubah selama bulan Ramadan. Pasalnya, kita perlu mengatur waktu minum obat. Kita harus minum obat dalam dosis yang tepat dan waktu yang tepat.

Saat berpuasa, jadwal konsumsi obat tentu akan berubah karena waktu untuk minum obat pun berubah dari 24 jam menjadi hanya 10,5 jam selama bulan Ramadan. Jadwal minum obat hanya bisa dilakukan setelah berbuka puasa sampai sebelum imsak.

Perubahan pola minum obat di bulan Ramadan mungkin dapat memengaruhi efek terapi obat apalagi jika tidak diminum dengan dosis yang tepat dan waktu yang tepat.

Baca Juga: Beragam Tips Diet saat Puasa

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara mengatur jadwal minum obat saat puasa Ramadan.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa tips dalam mengatur jadwal minum obat saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan:

1. Sebelum Makan

Obat yang harus diminum sebelum makan dapat dikonsumsi sekitar 30 menit sebelum makan sahur atau makan malam/makan besar setelah buka puasa.

2. Sesudah Makan

Jika obat harus diminum setelah makan, maka bisa dikonsumsi kira-kira 5 -10 menit setelah makan besar saat lambung sudah terisi.

Sementara itu apabila ada obat yang harus diminum tengah malam sesudah makan, Anda dapat mengisi perut dahulu dengan biskuit sebelum minum obat.

3. Minum Obat 1 Kali Sehari

Penggunaan obat pada saat puasa yang diminum 1 kali sehari tidak ada perbedaan ketika digunakan saat puasa. Dapat diminum saat malam hari atau pagi hari saat sahur.

4. Minum Obat 2 Kali Sehari

Obat yang diminum dua kali sehari, disarankan untuk diminum sesaat setelah berbuka puasa dan saat sahur.

5. Minum Obat 3 Kali Sehari

Solusinya untuk obat yang perlu dikonsumsi 3 kali sehari sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter. Tanyakan apakah ada alternatif obat yang memiliki khasiat sama namun bekerja panjang, sehingga bisa diminum 1-2 kali sehari saja.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Pantangan Makanan dan Minuman saat Batuk Berdahak

Jika obat tetap harus diminum 3 kali sehari, maka penggunaannya adalah dari waktu buka puasa hingga sahur, yang sebaiknya dibagi dalam rentang waktu yang sama.

Contohnya, obat yang diberikan dengan durasi 3 kali minum maka bisa disiasati dengan waktu konsumsi pada pukul 18.00, 23.00, dan 04.00.

Nah, itulah beberapa tips dalam mengatur jadwal minum obat saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga