Mudah dan Aman, Lakukan 6 Cara Ini Mengecilkan Pipi Tembem

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 25 Juni 2022
0 dilihat
Mudah dan Aman, Lakukan 6 Cara Ini Mengecilkan Pipi Tembem
Ternyata banyak cara alami untuk mengecilkan pipi chubby tanpa harus operasi plastik maupun tanam benang. Foto: Repro Dailysia.com

" Lemak di pipi bisa dikurangi secara alami dengan mengurangi lemak dalam tubuh secara keseluruhan "

KENDARI, TELISIK.ID - Seseorang yang memiliki pipi chubby atau tembem sering kali memberikan kesan yang manis dan menggemaskan. Namun, bagi sebagian orang, memiliki pipi tembem adalah hal yang dapat menurunkan rasa percaya diri.

Sebab hal tersebut bisa dibilang identik dengan tubuh yang gemuk. Sehingga tak sedikit jika seseorang ingin mengecilkan pipi tembam tersebut agar lebih terlihat tirus.

Mengutip dari Alodokter.com, pipi tembem dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor genetik, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang tidur, serta penumpukan cairan tubuh (edema) akibat penyakit tertentu.

Ada anggapan bahwa cara yang tercepat dan instan untuk mengecilkan pipi tembem adalah dengan melakukan operasi. Tapi di balik kecantikan dan kesempurnaan wajah yang dihasilkan melalui pisau bedah ini, ada juga risiko dan bahayanya.

Kadang kita juga tidak memikirkan efek samping atau akibat negatifnya, demi mendapatkan hasil yang instan.

Jadi, bagaimana cara mengecilkan pipi chubby tanpa harus melakukan operasi?

Berikut 6 cara meniruskan pipi yang tembem yang dirangkum Telisik.id dari berbagai sumber:

1. Rutin Berolahraga

Lemak di pipi bisa dikurangi secara alami dengan mengurangi lemak dalam tubuh secara keseluruhan. Karena itu, rutin berolahraga merupakan salah satu cara yang tepat untuk meniruskan pipi.

Olahraga kardio, seperti jalan kaki, bersepeda, dan berenang tergolong efektif menurunkan berat badan.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Garam

Kelebihan asupan natrium bisa meningkatkan cairan yang ditahan dalam tubuh dan menyebabkan beberapa bagian tubuh, termasuk wajah jadi bengkak. Oleh sebab itu, untuk mengecilkan pipi yang tembam Anda perlu mengurangi konsumsi makanan tinggi garam.

3. Lakukan Latihan Gerakan Wajah

Latihan wajah dapat digunakan untuk meningkatkan penampilan wajah, memerangi penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot. Menambahkan latihan wajah ke rutinitas harian juga dapat mengencangkan otot wajah, membuat wajah tampak lebih tirus dan meningkatkan peremajaan wajah.

Cara paling populer adalah menggembungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik setiap kali.

4. Minum Lebih Banyak Air

Studi menunjukkan bahwa air dapat membuat Anda merasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan. Minum air sebelum makan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Alami Pelecahan Seksual? Jangan Diam, Ini 5 Cara Menghadapinya

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum air untuk sementara dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Minum banyak air juga dapat mengurangi retensi cairan untuk mencegah kembung dan pembengkakan di wajah.

5. Mengubah Gaya Rambut

Gaya rambut dapat memengaruhi tampilan wajah dan tubuh Anda. Tidak ada salahnya jika Anda menemui seorang penata rambut profesional untuk mendapatkan gaya rambut yang dapat menyamarkan bentuk pipi tembem.

6. Mencukupi Waktu Tidur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara jumlah jam tidur dengan peningkatan berat badan.

Waktu tidur malam yang kurang dari lima jam sehari dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Hal ini karena kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan hormon yang merangsang nafsu makan.

Baca Juga: 3 Tips Sukses di Usia Muda, Salah Satunya Disiplin

Oleh sebab itu, upayakan untuk tidur cukup setiap hari agar berat badan dapat terkontrol dengan baik, energi pulih saat bangun pagi, dan wajah terlihat lebih segar. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga