59 Personil Basarnas Kendari Jalani Rapid Test

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 15 Mei 2020
0 dilihat
59 Personil Basarnas Kendari Jalani Rapid Test
Personil Basarnas Kendari saat menjalani rapid test. Foto: Ist.

" Serta masing-masing personil bisa memberikan rasa aman dalam melakukan aktivitas pekerjaannya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 59 personil Basarnas Kota Kendari mengikuti rapid test guna mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19.

Pemeriksaan cepat COVID-19 yang dilakukan dua orang petugas medis Basarnas Kendari berlangsung dari pukul 08.30 - 12.00 Wita bertempat di Aula Serba Guna Basarnas Kendari.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, mengungkapkan, dari keseluruhan 59 alat rapid test diprioritaskan kepada tenaga rescuer dan anak buah kapal (ABK) yang bertugas di kapal Basarnas.

Rapid test dilakukan agar masing-masing personil mengetahui kondisinya, sehingga, apabila menemukan indikasi terpapar bisa segera dilakukan tindakan selanjutnya, termasuk dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif.

Baca juga: Diduga Dibunuh, Anggota TNI Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

"Serta masing-masing personil bisa memberikan rasa aman dalam melakukan aktivitas pekerjaannya," terang Wahyudi, Jumat (15/5/2020).

Dari hasil rapid test 59 personil, semua dinyatakan non reaktif dan tidak terindikasi.

Meskipun negatif, Wahyudi mengungkapkan, sesuai arahan dari pimpinan, seluruh personil agar tetap menjalankan protokol COVID-19.

"Seperti menggunakan masker, menerapkan physical distancing, sering mencuci tangan dengan sabun serta tetap menjaga kondisi tubuh untuk selalu dalam keadaan fit," jelasnya.

Untuk diketahui rapid test ini adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona.

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Baca Juga