6 Hal Penting Agar Selamat Saat Banjir Melanda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 04 Mei 2024
0 dilihat
6 Hal Penting Agar Selamat Saat Banjir Melanda
Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar selamat dari kebanjiran. Foto: Repro Freepik/amdadphoto

" Saat cuaca sedang tidak bersahabat, khususnya intensitas hujan masih tinggi, sebaiknya terus memantau berita tentang curah hujan, agar kita terus waspada terhadap banjir "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu bencana yang kerap terjadi adalah banjir. Maka perlu mengetahui apa saja yang penting dilakukan agar selamat dari banjir yang melanda.

Dikutip dari kemkes go.id, saat memasuki musim hujan maka masyarakat Indonesia perlu untuk melakukan berbagai persiapan, baik secara fisik agar tidak mudah sakit selama musim hujan, maupun persiapan terkait bencana-bencana yang biasa terjadi di musim hujan, seperti banjir.

Adanya persiapan yang dilakukan, merupakan bentuk pencegahan yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat untuk menghindari berbagai potensi buruk yang diakibatkan oleh bencana banjir.

Nah, salah satu bentuk persiapan tersebut adalah dengan mengetahui apa yang harus dilakukan selama banjir terjadi.

Melansir aswata.co.id, berikut beberapa hal penting yang harus dilakukan saat banjir melanda:

1. Pantau Informasi dari Media maupun Instansi Terpercaya

Saat cuaca sedang tidak bersahabat, khusus intensitas hujan masih tinggi, sebaiknya terus memantau berita tentang curah hujan di wilayah tempat tinggal. Hal ini bertujuan agar terus waspada terhadap banjir.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Bangun Lebih Segar di Pagi Hari

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengecek informasi kondisi cuaca melalui sosial media TMC Polda atau cari tahu langsung di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

2. Amankan Dokumen Penting

Sembari terus memantau informasi kondisi cuaca, hal yang tidak kalah penting yang harus dilakukan adalah mengamankan dokumen penting agar selamat dari banjir yang seringkali melanda secara tiba-tiba.

Selamatkan dokumen-dokumen penting yang dimaksud seperti ijazah, akte kelahiran, sertifikat dan juga dokumen penting kantor lainnya.

Selain nilai pentingnya, ketika rusak atau hilang, pengurusan kembali dokumen-dokumen ini akan memakan waktu dan biaya.

Untuk menghindari hal itu, lebih baik segala dokumen-dokumen tersebut disatukan dalam satu tempat khusus misalnya koper lalu bungkus dengan plastik untuk lebih memastikannya aman saat terkena air, serta simpan di tempat yang tinggi.

3. Siapkan Alat Siaga Banjir

Saat ada tanda-tanda banjir akan melanda, segera siapkan alat siaga yang bisa dimanfaatkan saat banjir benar-benar terjadi.

Alat-alat siaga yang perlu disiagakan seperti pelampung, pakaian, senter dengan ekstra baterai, korek api, kertas, pulpen, powerbank terisi penuh, pisau kecil, tali, lakban, serta uang tunai dan alat siaga lainnya.

4. Letakkan Barang Elektronik di Tempat Tinggi 

Hal yang tidak kalah penting yang harus dilakukan saat banjir akan melanda adalah mengamankan barang elektronik yang ada dalam rumah.

Pasalnya, barang-barang elektronik seperti laptop, kamera, TV, DVD, kulkas dan lainnya jika terkena air dapat rusak.

Maka sebaiknya segera barang-barang elektronik tersebut dapat disimpan di tempat yang tidak akan terendam banjir, di tempat yang tinggi.

Baca Juga: 10 Tips Penting Memilih Sekolah untuk Anak

Selain itu, pastikan juga tidak ada kabel yang terkelupas karena bisa berbahaya. Air banjir ini bisa mengalirkan listrik yang tentunya bisa menyetrum jika masuk ke air. Jadi, jangan lupa untuk cabut semua kabel alat elektronik.

5. Parkir Kendaraan di Tempat Aman

Selain barang elektronik di dalam rumah, kendaraan juga harus segera diamankan saat banjir akan melanda. Pastikan kendaraan diparkir ke dataran tinggi yang tidak terjangkau banjir.

6. Mengevakuasi Diri

Hal yang paling penting selain semua di atas adalah segera mengevaluasi diri dan keluarga saat ada tanda-tanda banjir akan melanda.

Pastikan kita mengetahui mana posko banjir terdekat dari rumah. Buat perencanaan, kalau perlu latihan evakuasi sebagai persiapan jika banjir benar-benar datang.

Olehnya itu, selalu utamakan keselamatan jiwa apabila banjir melanda.

Nah, itulah beberapa hal yang penting dilakukan agar selamat dari banjir yang melanda. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga