3 Tips Mudah Atasi Anak Penakut

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
3 Tips Mudah Atasi Anak Penakut
Ketika anak merasa takut, orang tua tidak bisa serta merta memaksa dia untuk berubah seketika. Foto: toddlehub.com

" Rasa takut seringkali dialami sebagian orang, bukan hanya orang dewasa tapi juga dari kalangan anak-anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Rasa takut seringkali dialami sebagian orang, bukan hanya orang dewasa tapi juga dari kalangan anak-anak.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, rasa takut merupakan bagian dari diri manusia dan wajar dimiliki, termasuk anak-anak.

Ketika ada rasa takut, orangtua tidak bisa serta merta memaksa anak untuk berubah. Terus dampingi ia dalam berbagai aspek kehidupannya adalah hal yang penting, agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dan positif.

Melansir yoursay.id dari kanal Instagram @Pecinta dr Aisyah Dahlan CHt, berikut beberapa pola asuh yang bisa diterapkan bagi anak penakut:

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjadi Pembaca yang Baik

1. Mengatur Napas

Mengatur napas dengan menarik dan mengeluarkan napas panjang bisa membantu mengatasi ketakutan.

Ketika anak mulai merasa takut, bantu dia menarik napas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Ulangi hal ini sebanyak 4x. Beri instruksi untuk melepas perasaan takutnya bersamaan dengan napas panjang yang ia keluarkan melalui mulut.

Cara ini mungkin tidak bisa langsung berhasil. Ketika saat ini anak sudah tidak takut, bisa jadi ketakutannya akan kembali di lain waktu. Namun, ketika kapan pun anak takut, ingatkan ia untuk mengulangi hal ini.

2. Tatap Wajahnya

Ketika anak pendiam dan penakut mulai mengajak Anda bicara, perhatikanlah wajahnya. Taruh ponsel dan lepas semua perhatian Anda untuk fokuslah pada sang anak. 

Anak pendiam tidak bisa langsung bercerita. Ia akan mencari rasa aman dan keberpihakan Anda padanya sebelum memulai kata pertamanya.

Dengan melihat Anda memusatkan perhatian padanya, anak akan merasa Anda berasa di sisinya. Sehingga, komunikasi bisa lebih terjalin. 

Namun yang harus diperhatikan adalah, pancing anak bicara dengan kalimat yang membuatnya nyaman. Di sela-sela jeda ketika ia sudah mengajak Anda bicara, dan sebelum ia mulai bercerita, Anda tidak boleh menjadi orang yang pasif.

Hindari sikap diam dan hanya menunggu ia bicara. Namun, Anda bisa menyelinginya dengan pendekatan agar anak merasa tidak dihakimi. 

Baca Juga: 3 Tips Jitu Membangun Kedisiplinan Diri

3. Validasi Perasaan

Ketika anak merasa takut, sebagai orang tua jangan buru-buru melabeli anak penakut. Namun, validasi perasaan anak dengan mencoba mengerti bahwa ketakutannya adalah hal yang wajar terjadi.

Dimana ia tidak perlu cemas karena ada Anda yang selalu berada di sisinya. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang pendiam dan penakut. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga