Cuaca Panas, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memakai Sunscreen Menurut Dokter

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 09 Oktober 2023
0 dilihat
Cuaca Panas, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memakai Sunscreen Menurut Dokter
Suhu panas di Indonesia tak dapat dipungkiri, panas terik yang memancar tak jarang membuat kulit ikutan 'sakit' alias kusam. Foto: Cnnindonesia.com

" Suhu panas di Indonesia tak dapat dipungkiri, panas terik yang memancar tak jarang membuat kulit ikutan 'sakit' alias kusam. Sunscreen atau tabir surya seringkali digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari "

KENDARI, TELISIK.ID - Suhu panas di Indonesia tak dapat dipungkiri, panas terik yang memancar tak jarang membuat kulit ikutan 'sakit' alias kusam. Sunscreen atau tabir surya seringkali digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Namun, tahukah kamu jika tabir surya atau sunscreen tak boleh sembarangan dipakai? Menurut Dr M Indah Maharani, SpKK, Board Certified Dermatology Venereology & Aesthetic Doctor, penggunaan sunscreen sangat penting terutama jika kita beraktivitas di luar ruangan. Sebab kita tinggal di area jamrud khatulistiwa yaitu daerah yang paling panas di seluruh dunia.

"Exposure di seluruh dunia itu tidak cuma di musim panas tapi sepanjang tahun. Artinya pancaran sinar matahari paling tinggi di daerah khatulistiwa," ujar Indah Maharani, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dokter Rani memperhatikan hampir sebagian pasien nya sudah mempunyai kesadaran untuk menggunakan sunscreen sebagai bagian dari skincare rutin. Semakin banyak orang menyadari pentingnya memproteksi kulit dari paparan UV.

Baca Juga: Deretan Tips Seks Aneh, Sebaiknya Jangan Dilakukan

"Sekarang banyak produk yang sudah berinovasi untuk mengombinasikan antara proteksi dari sinar matahari yang mengandung bahan yang bisa melembabkan, efek antioksidan dan mengandung anti aging. Dalam satu produk bisa membawa aneka skincare," jelasnya

Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai sunscreen dikutip dari Detik.com:

1. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit

Sebaiknya kamu memilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit. Terutama untuk orang yang kulitnya berminyak dan berjerawat sebaiknya pilih yang non comedogenic.

"Beli yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Jadi kalau sensitif pilih yang bahan basic nya yang physical sunscreen tapi kalau kulitnya yang tidak bermasalah mau yang physical atau chemical sunscreen juga oke," tuturnya.

2. Pilih nilai proteksinya sesuai kebutuhan

Dokter Rani menjelaskan perhatikan angka SPF pada sunscreen. Untuk wilayah tropis, penggunaan SPF 50 penting buat kamu yang sering beraktivitas di luar rumah.

"Jangan lupa SPF itu kan perlindungan untuk UV B, proteksi untuk UV A pasti kamu sudah familiar indikatornya PA++++, semakin banyak + nya artinya proteksi terhadap UV E akan lebih tinggi, itu basic nya," ucapnya.

3. Jika Anda memiliki kulit kering hingga normal

Jika Anda memiliki kulit normal, Anda mungkin dapat menggunakan hampir semua tabir surya yang Anda suka. Jadi tergantung pada preferensi pribadi dan apa yang bekerja dengan baik pada kulit Anda.

Baca Juga: Cara Jaga Makanan di Kulkas tetap Segar saat Listrik Padam

3. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi

Mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi harus mencari tabir surya yang diberi label bebas minyak atau nonkomedogenik yang menunjukkan bahwa produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori atau memperburuk jerawat," katanya.

"Biasanya mereka yang memiliki kulit berminyak dapat memilih tabir surya yang ringan dan cepat menyerap dengan lapisan matte karena ini dapat membantu menyerap kelembapan berlebih dan tidak membuat kulit tampak berkilau atau berminyak," tambah ahli perawatan kulit tersebut

4. Jika Anda memiliki kulit sensitif

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, Garshick merekomendasikan tabir surya fisik, juga dikenal sebagai pemblokir mineral, yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida, karena bahan ini cenderung tidak terlalu mengiritasi dibandingkan filter kimiawi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga