10 Tips Penting Memilih Sekolah untuk Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 03 Mei 2024
0 dilihat
10 Tips Penting Memilih Sekolah untuk Anak
Orang tua mesti jeli dalam memilih sekolah untuk anak. Foto: Repro Freepik.com/jcomp

" Sekolah menjadi hal penting bagi tumbuh kembang anak. Maka orang tua harus cerdas dalam mempertimbangkan dalam memilih sekolah buah hati "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekolah menjadi hal penting bagi tumbuh kembang anak. Maka orang tua harus cerdas dalam mempertimbangkan dalam memilih sekolah buah hati.

Pada umumnya, dikutip dari CNN Indonesia, bagi orang tua banyak pilihan sekolah yang sering kali membuat bingung dalam menentukan keputusan untuk anak.

Hal ini karena belajar di sekolah yang tepat dapat membuat anak memiliki nilai akademis yang baik, termasuk kemampuan soft skill anak.

Banyak hal yang harus diperhatikan orang tua dalam memilihkan sekolah untuk anak. Mulai dari fasilitas, lingkungan, metode belajar, hingga kurikulum yang diterapkan sekolah. Semua hal itu perlu diperhatikan karena dapat memengaruhi kenyamanan belajar buah hati Anda

Lantas, apa saja pertimbangan yang sebaiknya diperhatikan orang tua dalam memilihkan sekolah untuk anak?

Baca Juga: 8 Tips Jitu Bangun Lebih Segar di Pagi Hari

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa tips yang bisa perlu dilakukan sebagai pertimbangan memilih sekolah untuk anak:

1. Pertimbangkan lokasi sekolah

Lokasi sekolah menjadi salah satu pertimbangan yang mesti diperhatikan saat memilihkan sekolah untuk anak.

Memperhatikan lokasi sekolah membantu dalam menentukan apakah anak pergi sekolah jalan kaki, diantar orangtua, atau naik mobil jemputan sekolah. Termasuk kita dapat mengantisipasi waktu yang dibutuhkan ketika anak pergi sekolah nantinya.

2. Mengenali kualitas guru di sekolah

Salah satu hal penting yang dapat membantu orang tua dalam mendidik anak adalah bagaimana kualitas gurunya di sekolah.

Betapa tidak, peran guru menjadi vital di sekolah, karena mereka yang akan menyampaikan materi pelajaran, mempraktikkan metode belajar, serta membimbing anak Anda.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana kualitas calon guru anak nantinya. Setidaknya, pastikan sekolah memiliki guru yang andal dan profesional.

Pastikan juga guru peduli pada siswanya. Melansir laman Lancaster Mennonite, guru yang peduli adalah salah satu faktor penting bagi kesuksesan anak di sekolah.

3. Pahami lingkungan sekolah

Tumbuh kembang anak tak dipungkiri sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Bukan hanya di rumah, tapi juga lingkungan di sekitar sekolah.

Olehnya itu, sekolah dengan lingkungan yang bersih bisa menjadi salah satu tips penting bagi Anda dalam memilih sekolah untuk anak.

Hal ini karena anak akan menghabiskan waktu berjama-jam dalam sehari di lingkungan sekolah tersebut. Sehingga lingkungan sekolah yang bersih sangat dibutuhkan untuk kesehatan anak.

4. Tahu jumlah guru di kelas

Selain mengetahui kualitas guru, ternyata orang tua juga perlu bagaimana kuantitas atau jumlah guru di sekolah tersebut.

Hal ini karena jumlah guru juga cukup memberikan pengaruh dalam pembelajaran anak di sekolah. Logika sederhananya adalah bahwa semakin sedikit jumlah murid dan semakin banyak gurunya, semakin banyak perhatian yang akan anak dapatkan.

5. Pastikan keamanan untuk anak

Berikutnya adalah mengetahui bagaimana keamanan di sekolah. Hal ini penting juga diperhatikan, khususnya bagaimana sekolah memberikan perlindungan kepada anak dari segala bentuk kekerasan atau kejahatan yang mungkin terjadi, baik dari dalam maupun luar.

Termasuk juga bagaimana sekolah dalam menangani terkait intimasi atau pelecehan (bullying) yang bisa saja terjadi di dalam lingkungan sekolah, serta cara pencegahannya.

6. Pelajari kurikulum sekolah

Kurikulum sekolah juga menjadi hal yang penting untuk menjadi pertimbangan. Hal ini karena kurikulum lah yang nantinya akan dipelajari oleh anak saat bersekolah.

Ketika hendak mempelajari kurikulum, orang tua sebaiknya memastikan sekolah yang dipilih sesuai dengan kebutuhan serta dapat mendukung perkembangan anak Anda.

7. Pertimbangkan biaya sekolah

Biaya sekolah juga menjadi hal yang penting sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak.

Orang tua bisa mencari tahu mulai dari berapa biaya pendaftaran, uang pangkal, uang rutin bulanan, seragam, buku, hingga kegiatan lainnya.

Dengan mengetahui biaya sekolah ini, orang tua bisa mempertimbangkan sekolah tersebut sesuai dengan kemampuan finansial.

8. Reputasi dan akreditasi sekolah

Selanjutnya, hal yang penting juga diperhatikan saat memilihkan anak sekolah adalah mencari tahu reputasi dan akreditasi sekolah.

Hal ini penting untuk diketahui karena akreditasi dan reputasi merupakan salah satu bukti bahwa sekolah yang akan dituju berkualitas. Apalagi sekolah juga menjadi penentu masa depan anak.

Baca Juga: 6 Tips Aman Main Gadget Bagi Mata Anak

9. Cari tahu fasilitas dan ekstrakurikuler di sekolah

Fasilitas dan ekstrakurikuler juga menjadi hal yang penting diketahui sebelum memilihkan anak sekolah.

Apa yang harus diperhatikan? Nah, orang tua dapat mencari tahu bagaimana ruang kelas, lapangan, hingga fasilitas lainnya.

Cek juga apakah ada ekstrakurikuler yang dapat mengasah bakat dan kemampuan anak di bidang lain. Misalnya menulis, sepak bola, melukis, bermain musik, drama, dan lain sebagainya.

10. Sesuaikan dengan kondisi anak

Terakhir, tips yang juga tidak kalah penting dalam memilih sekolah untuk anak adalah menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak.

Coba tanyakan apa yang diinginkan dan sesuai untuk anak saat memilih sekolah. Hal ini penting untuk memastikan bahwa sekolah yang sudah menjadi referensi sudah cocok untuk anak dalam menempuh pendidikannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai bahan pertimbangan orang tua saat memilihkan anak sekolah yang tepat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga