adplus-dvertising

7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Rambut hingga Terapi Diabetes

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 19 September 2021
1101 dilihat
7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Rambut hingga Terapi Diabetes
Daun salam memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Daun salam mengandung senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C. Foto: Repro Hellosehat.com

" Segudang manfaat dari daun salam ternyata masih jarang diketahui. "

KENDARI, TELISIK.ID - Segudang manfaat dari daun salam ternyata masih jarang diketahui. Selama ini, daun salam seringkali digunakan hanya untuk campuran masakan karena aromanya yang khas. 

Padahal selain untuk menambah aroma dan rasa masakan, tanaman dengan nama latin Syzygium polyanthum ini punya banyak khasiat untuk kesehatan. Daun salam mengandung senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C. 

Berikut ini 7 manfaat daun salam, termasuk manfaat rebusan daun salam, seperti dilansir Kontan.co.id dari Organic Fact:


1. Memperbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun salam sudah lama digunakan untuk pengobatan gangguan pencernaan.

Menurut jurnal 2019 yang diterbitkan dalam Medicinal Plants of South Asia Journal, manfaat daun salam tidak hanya menambah cita rasa yang enak pada makanan, tetapi juga membantu meredakan sakit perut, infeksi saluran cerna, perut kembung, sembelit, dan diare. 

2. Membantu meringankan pernafasan

Daun salam memiliki sifat antibakteri yang kuat sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin. 

Ketika minyak atsiri daun salam diekstraksi, dapat dicampur menjadi salep dan dioleskan ke dada untuk membantu meringankan pernapasan. Oleskan di dada dan biarkan semalaman.

Menghirup uapnya memiliki efek yang mirip dengan aromaterapi dan dapat mengendurkan dahak serta menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap di saluran pernapasan.

Baca juga: Yuk Praktikkan, Ini 5 Jenis Olahraga yang Ampuh Mengusir Stres

Baca juga: 14 Efek Samping Terlalu Sering Berhubungan Intim, Nomor 9 Bikin Ngeri

3. Menghilangkan ketombe dan atasi rambut rontok

Manfaat daun salam juga dapat bekerja sangat baik untuk mengobati ketombe dan mengurangi masalah rambut rontok.

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan rambut dan menghilangkan ketombe, Anda bisa mencoba dengan merendam daun salam dalam air dan kemudian menggosokkannya pada kulit kepala setelah keramas.

Senyawa dalam manfaat daun salam dapat membantu menghilangkan kulit kering dan ketombe. 

4. Anti peradangan

Salah satu manfaat daun salam adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Hal ini dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Phytotherapy.

Daun salam mengandung fitonutrien unik, yang disebut parthenolide, yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi ketika dioleskan ke area yang terkena, seperti sendi yang sakit atau area yang terkena arthritis.

5. Menyehatkan jantung

Asam caffeic merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam. Kedua senyawa itu berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

6. Meredakan stres

Manfaat daun salam berikutnya yakni kaya akan linalool. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan sebagai aromaterapi.

Kelebihan hormon stres bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang, sehingga manfaat daun salam dapat membantu Anda tenang dan tetap rileks bahkan di saat-saat kecemasan sedang melonjak.

7. Terapi diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun salam telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi reseptor insulin dan mengatur kadar gula darah.  Untuk pasien yang berisiko terkena diabetes atau tengah menderita diabetes, manfaat daun salam secara teratur dapat secara signifikan menurunkan kadar diabetes.

Dikutip dari hellosehat.com, manfaat daun salam tidak sampai di situ saja. Daun salam juga dipercaya dapat mengatasi rematik, maag, telat haid, sakit perut, ramuan penyejuk serta pembasmi kecoa.

Daun salam juga dapat digunakan sebagai salep “rubefacient”, yaitu zat penghangat yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Buah tanaman ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan fibroid rahim, sirosis dan nyeri sendi.

Daun salam juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga mencegah komplikasi penyakit jantung yang sering kali menyerang pasien dengan diabetes.

Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan mengonsumsi suplemen daun salam sampai ada penelitian lebih lanjut. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga