7 Manfaat Menghirup Udara Pagi Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 28 Agustus 2022
0 dilihat
7 Manfaat Menghirup Udara Pagi Hari
Saat bangun pagi, jangan melewatkan untuk keluar rumah lalu hidup udara segar yang penuh dengan manfaat. Foto: Repro Nattakorn Maneerat)

" Udara yang bersih dan sejuk ternyata mampu membantu sistem pencernaan secara optimal "

KENDARI, TELISIK.ID – Salah satu aktivitas yang baik dilakukan saat pagi hari adalah menghirup udara di luar rumah. Sebab saat pagi hari biasanya udara masih segar karena belum banyak kendaraan lalu lalang di jalan.

Dikutip dari dinkes.jogjaprov.com, sebenarnya dari sisi kesehatan, bangun pagi dan bangun siang adalah lebih menguntungkan bangun pagi bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya memberikan pengaruh positif bagi kesehatan tubuh, tapi juga pada mental dan perasaan.

Bangun pagi di sini yang dimaksud adalah antara jam 4 s.d jam 6 waktu setempat, atau dengan kata lain sebelum matahri terbit di ufuk timur.

Melansir bandungkita.id dan kids.grid.id, berikut tujuh manfaat yang dapat kita peroleh saat sering menghirup udara di pagi hari:

1. Baik untuk pencernaan

Udara yang bersih dan sejuk ternyata mampu membantu sistem pencernaan secara optimal. Tidak jarang, bagi Anda yang sedang diet disarankan untuk jalan-jalan keluar ruangan untuk menghirup udara segar.

2. Menormalkan tekanan darah

Salah satu penyebab masalah pada tekanan darah, adalah polusi udara dan buruknya kesehatan lingkungan. Untuk menormalkan tekanan darah, Anda wajib menghirup udara segar di pagi hari karena oksigen yang melimpah sangat berguna bagi jantung Anda.

Baca Juga: 7 Tips Menggemukkan Badan Secara Alami

3. Membuat Anda lebih Bahagia

Semakin banyak oksigen yang dihirup, semakin banyak pula jumlah serotonin yang diproduksi tubuh. Serotonin mampu nembuat mood Anda stabil, dan memunculkan perasaan tenang, rileks dan bahagia.

4. Menguatkan sistem imun

Sel darah putih butuh oksigen melimpah agar maksimal membunuh bakteri dan benda asing dalam tubuh. Nah, dengan menghirup udara segar, Anda tentu mengoptimalkan kinerjanya.

5. Membersihkan paru-paru

Saat Anda menghembuskan napas, saat itu dikeluarkan gas yang tidak diperlukan tubuh. Untuk menggantinya, Anda perlu udara segar dengan jumlah oksigen melimpah demi kesehatan paru-paru.

6. Memberikan energi positif

Karena mendapat kandungan oksigen tinggi, tubuh senantiasa semakin berenergi. Konsentrasi pun meningkat karena kebutuhan otak atas 20% oksigen dalam tubuh terpenuhi.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

7. Lebih fokus

Karena mood cenderung lebih stabil, maka kemampuan untuk bekerja akan menjadi lebih optimal karena enggak terganggu dengan perasaan negatif lainnya.

Otak akan berfungsi dengan baik dengan banyak oksigen yang dihirup, sehingga akan lebih konsentrasi dan fokus.

Nah, itulah beberapa manfaat Ketika kita menyempatkan waktu untuk keluar rumah di pagi hari untuk menghirup udara segar. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga