adplus-dvertising

7 Penyebab Uban Muncul Meski Masih Muda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 24 November 2020
2517 dilihat
7 Penyebab Uban Muncul Meski Masih Muda
Uban atau rambut memutih seringkali dikaitkan dengan penuaan. Padahal, uban tidak selalu berkaitan dengan penuaan. Foto: Repro idntime.com

" Folikel rambut memiliki sel pigmen yang memproduksi melanin (zat pemberi warna pada rambut). Seiring bertambahnya usia, sel-sel ini mulai mati hingga menyebabkan rambut kekurangan pigmen. "

KENDARI, TELISIK.ID - Timbulnya uban atau rambut memutih seringkali dikaitkan dengan penuaan. Padahal, uban tidak selalu berkaitan dengan penuaan.

Dilansir dari sehatq.com, uban tak hanya muncul pada orang yang sudah tua, uban juga bisa muncul pada orang yang masih muda. Rambut hitam yang Anda miliki pun perlahan-lahan bisa berubah warna menjadi abu-abu atau putih.

Memiliki rambut beruban bisa membuat seseorang kurang percaya diri karena mungkin jadi terlihat lebih tua. Oleh sebab itu, terdapat beragam cara menghilangkan uban secara alami yang dapat Anda coba.


Penyebab rambut beruban

Folikel rambut memiliki sel pigmen yang memproduksi melanin (zat pemberi warna pada rambut). Seiring bertambahnya usia, sel-sel ini mulai mati hingga menyebabkan rambut kekurangan pigmen.

Tanpa pigmen, helai rambut pun menjadi lebih ringan dan berwarna abu-abu atau putih yang dikenal dengan sebutan uban. Selain bertambahnya usia, terdapat berbagai penyebab munculnya rambut beruban. Penyebab rambut beruban yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Kekurangan vitamin

Kurangnya vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dalam tubuh dapat mendorong penuaan dini. Sebab, kekurangan nutrisi bisa memengaruhi pigmentasi sehingga menyebabkan rambut mulai memutih.

Baca juga: 6 Cara Cegah Kehamilan ala Masyarakat Kuno

2. Masalah gen

Gen merupakan faktor utama dalam menentukan pada usia berapa rambut kehilangan pigmen. Sebagian besar kasus beruban pada usia muda dikaitkan dengan faktor genetika.

3. Stres oksidatif

Stres oksidatif dapat menyebabkan rambut beruban karena antioksidan tidak mampu melawan efek merusak dari radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel dan mendorong penuaan. Selain itu, terlalu banyak stres oksidatif juga bisa memicu penyakit vitiligo yang bisa memutihkan rambut dan kulit.

4. Kondisi medis

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti penyakit autoimun, penyakit tiroid, dan tumor bawaan yang langka dapat meningkatkan risiko seseorang untuk beruban pada usia muda.

5. Mewarnai rambut

Kandungan hidrogen peroksida yang terdapat pada banyak pewarna rambut merupakan bahan kimia berbahaya yang dapat mengurangi melanin. Ini dapat menyebabkan rambut Anda memutih.

6. Stres

Stres yang disebabkan oleh kepadatan jadwal dapat memicu rambut beruban. Apalagi jika disertai dengan asupan alkohol dan junk food yang berlebihan.

7. Kebiasaan merokok

Rambut beruban pada usia muda dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa seorang perokok 2,5 kali lebih mungkin mulai beruban sebelum usia 30 tahun daripada orang nonperokok. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga