7 Pilihan Bahan Alami untuk Obat Diare

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
7 Pilihan Bahan Alami untuk Obat Diare
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare, salah satunya dengan bahan alami. Foto: Repro google.com

" Diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang adalah diare. Banyak cara untuk mengatasi diare, di antaranya dengan bahan alami.

Dikutip dari kemkes.go.id, diare merupakan penyakit yang membuat penderitanya sering buang air besar dengan kondisi tinja encer atau cair.

Biasanya, diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit. Diare umumnya berlangsung kurang dari 14 hari (diare akut).

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare, tidak hanya dengan obat kimia dari dokter atau apotik, tapi juga bisa  dengan bahan alami.

Baca Juga: 5 Penyebab Ketombe Perlu Kamu Tahu

Melansir kompas.com dari Khealth dan Stylecraze, berikut adalah beberapa bahan yang bisa dijadikan obat alami diare:

1. Air kelapa

Air kelapa dapat digunakan sebagai solusi rehidrasi bagi penderita diare ringan. Namun, sebaiknya dikonsumsi setelah makan lebih awal. Anda bisa minum segelas air kelapa muda segar setiap serangan diare.

2. Minyak peppermint

Minyak peppermint adalah mentol, yang dapat membantu meredakan sakit perut yang disertai diare dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) lainnya.

Anda bisa menambahkan 1 tetes minyak peppermint food grade dalam 1 gelas air hangat. Kemudian diminum. Ramuan obat alami diare ini bisa Anda minum 1-2 kali sehari.

3. Cairan

Walaupun diare mungkin tampak seperti terjadi karena kelebihan cairan, sebenarnya diare dapat menimbulkan efek dehidrasi pada tubuh.

Jadi saat Anda mengalami diare, obat alami sebagai pertolongan pertama adalah minumlah 8-10 gelas cairan bening dalam sehari, seperti air putih, teh herbal, dan beberapa jus.

Hindari minuman berkarbonasi, kopi, alkohol, dan jus plum, karena dapat mengiritasi usus.

4. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi, sehingga bisa menjadi obat alami untuk diare. Sejumput kunyit dalam segelas air hangat dapat membantu memerangi tinja yang encer.

Pastikan untuk tidak menggunakan obat rumahan ini secara berlebihan karena kunyit dapat bereaksi dengan banyak obat yang diresepkan dan memperburuk gejala.

5. Makanan rendah serat

Saat diare, makanan rendah serat dapat membantu Anda sebagai obat alami. Makanan rendah serat ini dikenal sebagai diet BRAT, yang merupakan akronim dari banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel, dan toasts (roti panggang).

Diet BRAT digunakan untuk menenangkan saluran pencernaan yang teriritasi. Ini juga dapat membantu mengatasi penyebab diare. Makanan yang hambar membantu meringankan gejala seperti mual, sedangkan makanan yang mengandung tepung dan rendah serat membantu menyerap cairan tanpa memperparah kondisi usus.

Makanan lain yang sesuai dengan diet tipe BRAT yang bisa bekerja sebagai obat alami untuk diare, termasuk kaldu sup bening, mie kuah polos, dan kentang polos (bukan keripik atau kentang goreng yang berminyak).

6. Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa menjadi obat alami untuk diare. Anda hanya perlu menyeduh 1 sendok teh hijau dalam secangkir air panas selama 5-7 menit. Kemudian, saring dan minum 1-2 kali sehari sampai diare berhenti.

Khasiat teh hijau dalam mengobati segala jenis diare dan tifus telah dikenal di Asia sejak zaman dahulu.

Katekin teh hijau memiliki efek penghambatan pada infeksi Helicobacter pylori.

Merujuk Kementerian Kesehatan RI, infeksi H. pylori adalah salah satu faktor utama terjadinya diare, malabsorpsi zat-zat gizi dan rendah nafsu makan.

Baca Juga: Miss V Gatal Setelah Berhubungan Seks? Ini Penyebabnya

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa menjadi obat alami atau diare karena memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Ini membantu melawan mikroba yang menyebabkan diare dan menenangkan usus yang meradang.

Anda cukup menambahkan 2 sendok cuka sari apel ke segelas air putih. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu, lalu aduk rata smeuanya.

Anda bisa meminum ramuan obat alami diare ini 2-3 kali sehari hingga gejalanya mereda.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati diare. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga