Tips Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 12 Juli 2023
0 dilihat
Tips Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
Banyak mengonsumsi air putih jadi salah satu tips ampuh turunkan berat badan tanpa olahraga. Foto: Repro Pop.grid.id

" Beberapa orang punya alasan untuk tak berolahraga. Padahal olahraga sangat penting untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID – Menurunkan berat badan efektif dilakukan dengan menggerakkan tubuh secara intens atau disebut juga berolahraga, untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Sayangnya beberapa orang punya alasan untuk tak berolahraga, seperti tak punya waktu atau punya riwayat penyakit yang membuat tak bebas menggerakkan tubuh secara instan.

Dilansir dari Bogorraya.pikiran-rakyat.com dan Orami.co.id, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan tanpa olahraga:

1. Perhatikan Pola Makan

Memperhatikan pola makan adalah langkah penting dalam menurunkan berat badan. Konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang, dengan fokus pada sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks. Hindarilah makanan olahan dan makanan tinggi lemak serta gula.

2. Kendalikan Porsi Makan

Penting untuk mengontrol jumlah porsi makanan yang Anda konsumsi. Cobalah untuk mengurangi porsi makan secara bertahap dan hindari makan berlebihan. Menggunakan piring yang lebih kecil atau mangkuk cenderung membantu Anda mengurangi porsi makan tanpa harus merasa lapar.

3. Fokus pada Makanan Rendah Kalori

Pilihlah makanan yang rendah kalori, seperti sayuran hijau, buah-buahan segar, ikan, daging tanpa lemak, dan biji-bijian. Makanan dengan kandungan serat tinggi juga akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Trik Ampuh Turunkan Berat Badan di Usia 30-an Tahun

4. Hindari Camilan Tidak Sehat

Mengurangi konsumsi camilan yang tidak sehat, seperti makanan ringan yang tinggi gula, garam, atau lemak. Gantilah camilan tersebut dengan buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yoghurt rendah lemak.

5. Mengonsumsi Meal Replacement

Meal replacement biasanya dirancang dengan jumlah kalori tertentu, yang bisa membantu dalam manajemen berat badan. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, meal replacement bisa membantu mengendalikan asupan kalori sehari-hari. Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity pada 2018, meal replacement efektif dalam membantu individu kehilangan berat badan dan mempertahankannya.

6. Utamakan Minum Air Putih

Cara diet sehat yang mudah dilakukan tanpa olahraga, yaitu cukupkan tubuh dengan minum air putih setiap hari. Minum air putih, setidaknya 8 gelas per hari dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, air putih tidak memiliki kalori tambahan sehingga aman dikonsumsi dan dapat menjadi tips diet aman yang ideal. Ketimbang minum minuman manis, ganti dengan air putih yang akan membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Hindari minuman manis seperti jus, soda, kopi, dan boba, karena tanpa disadari mereka semua mengandung gula yang sangat tinggi, tapi tidak memiliki nutrisi. Bila sesekali ingin minum minuman selain air putih, pilihlah minuman tanpa gula.

7. Kurangi Makan Garam

Pola makan sangat berpengaruh pada keberhasilan menurunkan berat badan sesuai dengan target. Nah, cara diet sehat berikutnya yang bisa dilakukan, yaitu mengurangi makan garam.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terlalu banyak gula dan garam berbahaya untuk kesehatan, serta berpengaruh pada berat badan kita. Makan terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga berisiko sakit jantung dan mengalami stroke di kemudian hari.

Baca Juga: 3 Jenis Olahraga Ini Bantu Turunkan Berat Badan Wanita

Anda mungkin tidak menyadari bahwa terdapat garam tersembunyi di makanan yang kita makan, seperti sereal, sup, roti dan saus seperti saus sambal, kecap, dan saus tomat.

Cara termudah untuk mengurangi gula dan garam adalah mengecek label nutrisi di setiap kemasan. Orang dewasa tidak boleh mengonsumsi lebih dari 6 gram atau sekitar 1 sendok teh garam sehari.

8. Hindari Makan Terburu-buru

Akibat padatnya aktivitas sehari-hari, Anda mungkin jadi punya kebiasaan makan dengan cepat, padahal hal ini bisa memengaruhi berat badan, lho.

Melansir penelitian Journal of the American Dietetic Association, orang yang makan cepat memiliki 115 persen kemungkinan mengalami obesitas dibanding orang yang makan secara perlahan.

Seberapa banyak kita makan dan rasa kenyang dikontrol oleh hormon. Hormon ini yang akan memberikan sinyal pada otak saat kita lapar atau kenyang. Namun, butuh waktu 20 menit untuk otak mendapatkan sinyal tersebut.

Sehingga makan dengan lebih lambat dapat memberikan waktu bagi otak memproses bahwa kita sudah kenyang. Penelitian tersebut juga sudah membuktikan bahwa makan pelan-pelan dan lebih banyak mengunyah akan mengurangi kalori yang dikonsumsi. Hal ini juga akan membantu menurunkan berat badan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga