7 Tanda Tubuh Menua Terlalu Cepat

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 15 Agustus 2024
0 dilihat
7 Tanda Tubuh Menua Terlalu Cepat
Penuaan hal wajar dialami tubuh manusia, namun terdapat beberapa alasan manusia menua lebih cepat dari yang seharusnya. Foto: Repro shuttershock

" Jika tubuh menunjukkan tanda-tanda penuaan sebelum waktunya, itu mungkin menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah "

JAKARTA, TELISIK.ID - Setiap orang pasti akan menua, tetapi ketika penuaan datang lebih cepat dari yang seharusnya, ini menjadi alasan untuk waspada. Pertambahan usia memang membawa perubahan yang tak terhindarkan pada tubuh, mulai dari kerutan di wajah hingga penurunan stamina.

Namun, jika tubuh menunjukkan tanda-tanda penuaan sebelum waktunya, itu mungkin menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah. Mengetahui tanda-tanda ini bisa membantu kita mengidentifikasi apakah tubuh kita sedang menua lebih cepat dari yang seharusnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Selain itu, stamina yang semakin menurun juga bisa menjadi pertanda tubuh sedang mengalami penuaan yang terlalu cepat. Jika Anda merasa cepat lelah dan tidak bertenaga, meskipun usia Anda masih tergolong muda, ini bisa jadi salah satu indikasi penuaan dini.

Berikut ini adalah beberapa tanda tubuh menua lebih cepat dari yang seharusnya:

1. Kecepatan Jalan Kaki Melambat

Mengutil cnnindonesia.com, Kamis (15/8/2024), jika Anda merasakan kecepatan jalan kaki Anda menurun saat menginjak usia 40-an, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda menua lebih cepat dari yang seharusnya. Jalan kaki sebenarnya adalah olahraga yang paling sederhana dan bermanfaat.

Namun, jika Anda mulai merasakan bahwa jalan kaki menjadi lebih lambat dan melelahkan, mungkin ada masalah yang perlu diwaspadai.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal JAMA menemukan bahwa orang yang memiliki kecepatan berjalan 1 meter per detik atau lebih cepat, cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang berjalan lebih lambat.

Baca Juga: Ciri-Ciri Anak Gagal Ginjal dan Cara Pencegahan

Jalan kaki memerlukan energi, kontrol gerakan, dan dukungan dari berbagai sistem organ tubuh. Ketika kecepatan jalan kaki melambat, itu bisa menandakan bahwa beberapa sistem tubuh mulai mengalami penurunan fungsi.

2. Pelupa yang Lebih Sering

Perubahan ingatan yang ringan sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Masalah ini biasanya mulai muncul saat seseorang memasuki usia 40-an, di mana Anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk mengingat nama seseorang atau alasan mengapa Anda masuk ke dalam sebuah ruangan.

Hal ini memang wajar, tetapi jika Anda mulai merasa sering lupa pada hal-hal yang sederhana, ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda menua lebih cepat dari yang seharusnya. Untuk menjaga ingatan tetap tajam, sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi yang baik, tetap aktif secara sosial, dan rutin berolahraga.

3. Kulit yang Semakin Kering

Kulit yang kering sering kali menjadi tanda penuaan yang kurang diperhatikan. Sementara keriput, kerutan, atau garis-garis halus pada kulit wajah secara jelas menunjukkan tanda-tanda penuaan, kulit kering sering kali diabaikan.

Penurunan kadar sebum di kulit biasanya menjadi penyebab utama kulit yang kering. Jika kulit Anda yang awalnya berminyak atau kombinasi, tiba-tiba menjadi sangat kering, terutama di usia 40-an, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang menua lebih cepat dari yang seharusnya.

Untuk mencegah masalah ini semakin parah, sebaiknya hindari mandi terlalu lama atau mandi dengan air panas, gunakan pelembap secara teratur, minum air yang cukup, dan hindari lingkungan dengan udara yang kering.

4. Mudah Mengalami Lebam

Lebam biasanya terjadi pada mereka yang berusia 60 tahun ke atas, tetapi jika Anda mulai sering mengalami lebam meskipun usianya belum mencapai 60 tahun, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda menua terlalu cepat, bersumber dari alodokter.com.

Lebam terjadi karena kulit semakin tipis dan kehilangan lapisan lemak seiring bertambahnya usia. Pembuluh darah pun menjadi semakin rapuh, sehingga meskipun hanya terkena benturan ringan, kulit bisa mudah lebam.

Jika Anda sering menemukan lebam-lebam pada tubuh tanpa alasan yang jelas, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

5. Kesulitan Membuka Botol Selai

Membuka botol selai, botol acar, atau wadah lainnya mungkin menjadi tantangan tersendiri seiring bertambahnya usia. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuka botol atau wadah yang sebelumnya mudah Anda buka, ini bisa menjadi tanda bahwa kekuatan genggaman Anda mulai menurun.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Mengandung Merkuri Bikin Rusak Otak

Menurut Felice Gersh, seorang pakar kesehatan integratif, kekuatan genggaman adalah salah satu komponen kebugaran yang sangat penting. Untuk meningkatkan kekuatan genggaman, Anda bisa melakukan aktivitas sederhana seperti meremas bola, mencuci mobil dengan tangan, atau membawa tas belanja yang agak berat.

6. Rambut Rontok di Beberapa Bagian Tubuh

Kerontokan rambut memang hal yang normal, terutama seiring bertambahnya usia. Namun, jika rambut rontok tidak hanya terjadi di kulit kepala tetapi juga di bagian tubuh lain seperti alis atau bulu mata, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda menua lebih cepat dari perkiraan.

Rambut rontok yang berlebihan ini bisa menjadi indikasi bahwa tubuh Anda sedang mengalami perubahan hormonal yang lebih cepat dari yang seharusnya.

7. Sering Terbangun di Malam Hari

Jika Anda sudah tidur nyenyak tetapi sering terbangun di malam hari tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda menua terlalu cepat.

Kesulitan tidur nyenyak seringkali disebabkan oleh peningkatan kadar hormon kortisol yang tinggi. Kortisol adalah hormon stres yang secara alami akan meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, jika peningkatannya terlalu cepat, hal ini bisa disebabkan oleh stres berlebihan.

Terlalu banyak kortisol dalam tubuh tidak hanya akan membuat Anda cepat menua, tetapi juga dapat meningkatkan berat badan, menurunkan fungsi kekebalan tubuh, dan memicu berbagai penyakit kronis. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga