7 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Sulawesi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 06 Januari 2023
0 dilihat
7 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Sulawesi
Universitas Hasanudin merupakan salah satu universitas terbaik dna terfaforite di Sulawesi versi unirank yang dapat kalian jadikan acuan dan referensi mendaftar kuliah. Foto: Repro id.wikipedia.org

" se8belum mulai mendaftar di universitas, ada baiknya mengetahui apakah kampus yang sedang kamu tuju merupakan universitas terbaik "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi Telisikers yang berdomisili di Sulawesi dan sekitarnya, sebelum mulai mendaftar di universitas, ada baiknya mengetahui apakah kampus yang sedang kamu tuju merupakan universitas terbaik.

Dilansir dari laman 4icu.org dari berbagai sumber, berikut ini tujuh universitas terbaik di Sulawesi versi Unirank yang dapat kalian jadikan acuan dan referensi mendaftar kuliah:

1. Universitas Hasanudin

Mengutip Akupintar.id, Universitas Hasanudin di Sulawesi Selatan ini memiliki tiga kampus. Pertama, Kampus Tamalanrea berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 10, Tamalanrea, Makassar.

Kedua, Kampus Gowa berada di Jalan Poros Malino Km. 6, Bontomarannu, Gowa. Terakhir, Kampus Sidrap berada di Jalan Jend. Sudirman No.176, Pangkajene, Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang.

Terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di Sulawesi, Universitas Hasanuddin (Unhas) terakreditasi A oleh Ban-PT. Ada empat rumpun fakultas di universitas negeri di Makassar ini, yaitu Sains dan Teknologi, Sosial Humaniora, Ilmu Kesehatan, dan Ilmu Pertanian.

2. Universitas Sam Ratulangi

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) adalah salah satu universitas di Sulawesi Utara yang terkreditasi Unggul oleh Ban-PT. Kampus Unsrat di Bahu, Manado, menjadi rumah bagi 11 fakultas Program Sarjana, yaitu Kedokteran, Teknik, Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ekonomi dan Bisnis, Hukum.

Kemudian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Budaya, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Kesehatan Masyarakat.

3. Universitas Tadulako

Universitas di Sulawesi Tengah ini berada di Jalan Soekarno Hatta Km. 9 Tondo, Palu. Dengan status akreditasi institusi B, Universitas Tadulako (Untad) terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi.

Baca Juga: Deretan Beasiswa S1 hingga S3 Dalam Negeri 2023

Kemudian Fakultas Hukum Pertanian, Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kehutanan, Kedokteran, Peternakan dan Perikanan, serta Kesehatan Masyarakat.

4. Universitas Halu Oleo

Universitas Halu Oleo (UHO) adalah perguruan tinggi negeri di Kendari, Sulawesi Tenggara, yang berdiri pada 1964 sebagai perguruan tinggi swasta filial dari Universitas Hasanuddin Makassar.

UHO awalnya adalah universitas swasta yang didirikan oleh Drs. H. La Ode Manarfa dan Drs. La Ode Malim.

UHO memiliki akreditasi B ini menaungi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pertanian, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Hukum, Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Kemudian Fakultas Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Peternakan, Kehutanan dan Ilmu Lingkungan, Ilmu Budaya, Farmasi, Teknologi dan Ilmu Pertanian, Ilmu dan Teknologi Kebumian, serta Ilmu Administrasi.

5. Universitas Negeri Manado

Universitas Negeri Manado adalah salah satu perguruan tinggi negeri nah ada di Tondano, Sulawesi Utara. Universitas ini berdiri pada tanggal 22 September 1955.

Univertas Negeri Manado dikelola oleh lembaga induk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang Sekarang dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd.

Kampus ini terakreditasi B, Unima memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan, Ilmu Keolahragaan, Ilmu Sosial, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa dan Seni, Ekonomi, dan Teknik.

6. Universitas Negeri Makassar

Melansir campus.quipper.com, pada awalnya, kampus ini bernama IKIP Ujung Pandang sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Selama lebih dari 30 tahun menyelenggarakan pendidikan tinggi, IKIP Ujung Pandang saat ini berstatus Universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999.

Baca Juga: Beasiswa D3, S1 dan S2 Brunei Darussalam 2023

Saat ini, UNM menyediakan sembilan fakultas dengan 62 jurusan pada jenjang Diploma dan Sarjana, serta program Pascasarjana dengan 26 jurusan pada jenjang Magister dan Doktor.

Universitas negeri di Makassar ini menaungi Fakultas Psikologi, Ilmu Pendidikan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Bahasa dan Sastra, Ilmu Keolahragaan, Ilmu Sosial, Seni dan Desain, serta Ekonomi.

7. Universitas Muslim Indonesia

universitas swasta di Makassar dengan akreditasi Unggul. Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo KM. 5, Makassar.

Perguruan swasta di Makassar ini memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Agama Islam, Farmasi, Hukum, Ilmu Komputer, Kedokteran, Perikanan, dan Ilmu Kelautan, Kesehatan Masyarakat, Pertanian, Kedokteran Gigi, Sastra, Teknik, dan Teknologi Industri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga