Mampu Wujudkan Pemerataan Pembangunan, Unsultra Dukung Penuh Pemindahan IKN

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Sabtu, 11 Juni 2022
0 dilihat
Mampu Wujudkan Pemerataan Pembangunan, Unsultra Dukung Penuh Pemindahan IKN
Suasana FGD, terkait pemindahan IKN erat kaitannya dengan mahasiswa, yang mempunyai tugas untuk memposisikan diri sebagai orang yang akan memberikan sumbangsih berarti, demi mengembangkan dan memajukan Indonesia. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Pembangunan bukan hanya berfokus ke tanah Jawa, tetapi akan terjadi pemerataan pembangunan yang lebih menyeluruh "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur, menjadi hal yang tepat untuk dilakukan karena berada di tengah-tengah wilayah Indonesia yang diharapkan mampu mewujudkan pemerataan pembangunan.

Hal itu diungkapkan, Wakil Rektor III Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Herman Titop saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang digelar, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsultra terkait IKN, Sabtu (11/6/2022).

Ia menilai dengan pemindahan IKN, pembangunan bukan hanya berfokus ke tanah Jawa, tetapi akan terjadi pemerataan pembangunan yang lebih menyeluruh.

"Misalnya di Pulau Sulawesi, Kalimantan, Sumatera dan Nusa Tenggara," sebutnya.

Pemindahan IKN kata dia, juga erat kaitannya dengan mahasiswa yang mempunyai tugas untuk memposisikan diri sebagai orang yang akan memberikan sumbangsih sangat berarti

"Demi mengembangkan dan memajukan Republik Indonesia," ucapnya.

Untuk Unsultra sendiri, ia mengatakan bahwa baik mahasiswa, dosen maupun staf yang ada di kampus tersebut senantiasa mendukung kebijakan pemerintah.

Tempat sama, Ketua BEM Unsultra, Hasir mengatakan tema terkait pemindahan IKN tersebut dipilih karena menjadi isu nasional yang masih terus dikupas oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: IAIN Kendari Bakal Terbitkan Terjemahan Al-Quran Bahasa Tolaki

"Baik dari asas manfaat, pertimbangan pembangunan, ataupun dampak secara umum dari rencana pemindahan tersebut," ujarnya.

Senada dengan Wakil Rektor III Unsultra, Hasir juga mengatakan bahwa, pemindahan IKN adalah hal yang tepat untuk pemerataan pembangunan serta mencegah dampak buruk yang bakal IKN saat ini.

"Bisa dilihat secara geografis, Kota Jakarta saat ini pembangunannya sudah tidak tertata lagi," ucapnya.

Sehingga ia berharap pemindahan IKN tersebut nantinya dapat memberikan angin segar bagi Indonesia khususnya wilayah Kalimantan, baik dari segi aspek sosial maupun ekonomi.

Sementara itu ketua panitia dalam kegiatan itu, Alfin Alvian Samandi mengatakan bahwa tema yang dipilih dalam FGD tersebut adalah, perspektif mahasiswa Sultra terhadap pemindahan IKN Nusantara guna mendukung stabilitas keamanan nasional.

Baca Juga: Sekolah di Kota Kendari Mulai Terima Dana BOS Tahap Dua

Di mana dalam FGD pihaknya menargetkan peserta yang hadir sebanyak 100 orang mahasiswa, baik dari Unsultra sendiri maupun dari universitas yang lain.

"Alhamdulillah melebihi target, peserta yang datang lebih dari 100 orang dan bukan hanya mahasiswa Unsultra saja," ucapnya.

Sehingga ia berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan dampak dan manfaat positif bagi semua peserta yang hadir. (A)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga