8 Bahaya Minum Kopi Setiap Hari yang Bisa Mengintai Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
8 Bahaya Minum Kopi Setiap Hari yang Bisa Mengintai Kamu
Sekalipun membawa manfaat yang cukup melimpah, minum kopi setiap hari bisa mendatangkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Foto: google.com

" Salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat adalah kopi. Minuman satu ini tidak hanya memiliki manfaat, namun ternyata juga punya dampak buruk jika setiap hari dikonsumsi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat adalah kopi. Minuman satu ini tidak hanya memiliki manfaat, namun ternyata juga punya dampak buruk jika setiap hari dikonsumsi.

Pada umumnya, kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Dikutip dari hellosehat.com, banyak studi yang telah mengamati berbagai manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti masalah pada liver, penyakit Parkinson, dan demensia.

Sekalipun membawa manfaat yang cukup melimpah, minum kopi setiap hari bisa mendatangkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: 7 Jenis Istirahat yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Produktif

Melansir sehatq.com, berikut beberapa bahaya terlalu sering atau setiap hari minum kopi yang patut Anda waspadai:

1. Kerusakan tulang

Bahaya minum kopi setiap hari sering dikaitkan dengan kerusakan tulang. Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi kopi dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Minum kopi lebih dari 7 cangkir sehari juga dikaitkan dengan kejadian osteoporosis karena mampu membuat tulang lebih rapuh.

2. Sulit tidur

Masih berkaitan dengan efek meningkatkan kewaspadaan, kopi juga mampu membantu Anda tetap terjaga.

Meski manfaat kopi yang ini kerap berguna saat Anda mengantuk di tengah pekerjaan, jika berlebihan ada efek yang bisa Anda alami.

Asupan kafein yang lebih tinggi bisa membuat Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa tertidur. Pasalnya, kafein dapat bertahan di tubuh hingga 5 jam setelah Anda mengonsumsinya.

Jika hal ini terjadi setiap hari maka kualitas tidur Anda bisa terganggu. Untuk menghilangkan efek kopi, cobalah banyak minum air setelah minum kopi.

3. Gangguan pencernaan

Beberapa orang mungkin akan merasa mulas setelah minum kopi. Kopi dikaitkan dengan pelepasan hormon gastrin yang mampu mempercepat aktivitas di usus besar. Kafein dalam kopi juga mampu merangsang pergerakan usus.

Itu sebabnya, apabila Anda minum kopi setiap hari, frekuensi buang air besar mungkin akan lebih sering. Dalam beberapa kasus, minum kopi terlalu sering bahkan menyebabkan diare.

Tidak hanya itu, terlalu banyak minum kopi juga bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil. Dalam hal ini, kafein juga diketahui mampu memberikan efek stimulasi pada kandung kemih.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa kopi atau kafein dapat memperburuk kondisi maag atau GERD.

4. Tekanan darah naik

Kafein dalam kopi memiliki efek stimulasi pada sistem saraf. Hal ini terbukti dapat meningkatkan tekanan darah.

Meskipun bersifat sementara dan sering terjadi pada orang yang tidak terbiasa minum kopi, peningkatan tekanan darah akibat kopi ini bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Peningkatan tekanan darah yang terus-menerus dan berlangsung lama dapat merusak arteri hingga membatasi aliran darah ke jantung dan otak. Inilah yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

5. Kerusakan otot

Minum kopi terlalu sering juga berakibat pada kerusakan otot, terutama bagi penderita rabdomiolisis.

Rabdomiolisis adalah kerusakan serat otot yang masuk ke dalam aliran darah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi, trauma, ketegangan otot, penyalahgunaan obat hingga gigitan hewan berbisa.

Beberapa penelitian juga menghubungkan kejadian rabdomiolisis dengan konsumsi kafein dosis tinggi.

6. Ketergantungan

Ketergantungan juga bisa menjadi efek negatif terlalu sering minum kopi bagi tubuh.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi kopi atau kafein dalam dosis tinggi bisa menyebabkan ketergantungan. Misalnya, Anda tidak akan fokus sebelum minum kopi.  

Jika ketergantungan pada kopi terjadi, hal ini justru bisa meningkatkan risiko efek negatif lain seperti sakit kepala dan kelelahan.

7. Peningkatan detak jantung

Konsumsi kafein dalam dosis tinggi terbukti dapat mengganggu sistem kardiovaskuler, termasuk membuat detak jantung lebih cepat.

Lagi-lagi, efek stimulasi dari kafein inilah yang mampu menyebabkan ritme jantung berubah, atau disebut dengan fibrilasi atrium.

Baca Juga: Simak 5 Dampak Berhenti Berhubungan Seks

Peningkatan detak jantung yang terus-menerus dapat memicu gangguan dan penyakit jantung.

8. Cemas berlebih

Kafein dalam kopi diketahui mampu meningkatkan kewaspadaan dengan cara menghalangi efek adenosin dan memicu hormon adrenalin.

Jika Anda mengonsumsi kopi dalam dosis tinggi, dengan cara kerja yang sama, kafein juga bisa membuat kecemasan berlebih.

Nah, itulah beberapa bahaya jika kamu keseringan atau setiap hari mengonsumsi kopi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga