7 Jenis Istirahat yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Produktif

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 20 Januari 2023
0 dilihat
7 Jenis Istirahat yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Produktif
Istirahat merupakan aktivitas dan bukan keadaan tidak melakukan apa-apa. Foto: google.com

" Istirahat menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan setiap orang. Namun seringkali istirahat diartikan hanya rendahan atau tidur, padahal ada yang lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Istirahat menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan setiap orang. Namun seringkali istirahat diartikan hanya rendahan atau tidur, padahal ada yang lain.

Pada umumnya, dikutip dari kompas.com, istirahat merupakan aktivitas dan bukan keadaan tidak melakukan apa-apa.

Ternyata istirahat tidak cukup hanya dengan tidur dan rebahan saja, tapi juga ada sejumlah jenis istirahat yang perlu dilakukan untuk menjaga produktifitas.

Baca Juga: Simak 5 Dampak Berhenti Berhubungan Seks

Melansir yoursay.id dari buku Sacred Rest yang ditulis Dr. Sandra Dalton Smith, berikut beberapa macam istirahat yang kita butuhkan:

1. Istirahat Sosial

Beristirahat dengan menempatkan diri pada lingkungan yang positif, yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman dapat menjadi sebuah istirahat sosial yang cocok untuk kamu yang ingin beristirahat dari padatnya kota.

2. Istirahat Fisik

Istirahat fisik dilakukan tentunya dengan kita tidur. Tidur menjadi hal yang penting agar kita juga punya jeda dari kehidupan. Misalnya, dengan memilih tempat tidur atau kamar tidur yang nyaman.

3. Istirahat Emosional

Kamu juga perlu menikmati istirahat emosional supaya kamu dapat mengekspresikan emosimu dengan lebih baik. Misalnya, dengan sharing bersama kerabat dekatmu.

4. Istirahat Mental

Tidak hanya fisik, mental pun butuh istirahat. Pada tipe istirahat mental, kamu bisa mengistirahatkan mental dengan menenangkan pikiran. Kamu bisa melakukan meditasi dan teknik-teknik mindfulness di tempat yang asri atau di pinggir kolam.

5. Istirahat Kreativitas

Demi memunculkan ide-ide baru, kamu bisa melakukan istirahat kreatif dengan liburan yang dapat memanjakan mata. Kamu bisa melakukan ini dengan memilih tempat istirahat yang dapat menghadirkan pemandangan indah.

Baca Juga: 3 Jenis Olahraga Ini Bantu Turunkan Berat Badan Wanita

6. Istirahat Sensorik

Kebiasaan menatap layar dan hiruk pikuk kehidupan yang sering kita rasakan membuat indera kita juga butuh istirahat. Misalnya dengan melakukan teknik grounding berjalan di rerumputan, jalan di atas batu refleksi, dan berenang.

7. Istirahat Spiritual

Untuk menenangkan kembali jiwa kita bisa melakukan istirahat spiritual. Misalnya degan mendekatkan diri kepada pencipta dan sesama manusia.

Nah, itulah beberapa jenis istirahat yang perlu Telisikers lakukan agar hidup jadi lebih produktif. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga