4 Cara Hilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 05 Maret 2023
0 dilihat
4 Cara Hilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami
Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi bau badan, diantara dengan bahan alami. Foto: Repro google.com

" Daun sirih bersifat antibakteri dan dipercaya dapat menjadi penghilang bau badan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Bau badan adalah salah satu masalah yang kerap dialami seseorang, yang dapat mengganggu rasa percaya diri. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya dengan bahan alami.

Dikutip dari kemkes.go.id, bau badan atau dalam istilah medis disebut bromhidrosis merupakan keadaan kronis yang ditandai dengan keluarnya bau tidak sedap secara berlebihan.

Bau badan ini dideskripsikan dengan bau tengik, apek, dan asam. Kelainan ini dapat terjadi pada ketiak, telapak tangan dan kaki.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa cara menghilangkan bau badan dengan bahan-bahan alami:

1. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri sehingga dipercaya dapat mengurangi bakteri penyebab bau badan di kulit. Anda bisa mengoleskan minyak ini pada ketiak sebagai deodoran berbahan alami.

2. Baking soda

Selain digunakan untuk bahan tambahan makanan, baking soda juga dikenal dapat menetralkan zat asam, termasuk asam pada tubuh.

Baca Juga: 4 Jenis Minuman Ini Bisa Usir Rasa Kantuk saat Bekerja

Untuk menghilangkan bau badan, Anda cukup mencampurkan ¼ sendok teh baking soda dengan sedikit air hangat, lalu oleskan di area ketiak. Diamkan hingga kering kemudian bersihkan dengan air.

Meski dapat menghilangkan bau badan, baking soda mungkin tidak cocok digunakan oleh orang yang memiliki kulit sensitif.

3. Daun sirih

Daun sirih bersifat antibakteri dan dipercaya dapat menjadi penghilang bau badan alami. Untuk memperoleh manfaat daun sirih ini, Anda dapat merebus daun sirih lalu membasuhkannya pada kulit saat mandi.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab bau badan. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air dan mengoleskannya ke area tubuh yang rentan menimbulkan bau badan.

Baca Juga: Ini 4 Gejala Kolesterol Tinggi, Selalu Waspada

Meski efektif melawan bau badan, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakan cuka sari apel karena dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Meskipun ada banyak cara menghilangkan bau badan secara alami, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitas dan keamanan berbagai bahan alami tersebut untuk menghilangkan bau badan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan Telisikers untuk menghilangkan bau badan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga