8 Cabang dan 16 Golongan Dilombakan di MTQ XXIX Sulawesi Tenggara hingga Babak Final

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Senin, 15 Agustus 2022
0 dilihat
8 Cabang dan 16 Golongan Dilombakan di MTQ XXIX Sulawesi Tenggara hingga Babak Final
Sekretaris dewan hukum MTQ XXIX Sultra, Dariodi S.Ag, M.A.P sedang memberikan keterangan pers. Foto. La Ode Muh Martoton/Telisik

" Sebanyak 8 cabang dan 16 golongan dilombakan dalam kegiatan MTQ XXIX Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022 hingga masuk babak final "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 8 cabang dan 16 golongan yang dilombakan dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022 hingga masuk babak final.

Ketua Dewan Hakim, KH. Dr. Murzidin MTQ XXIX tahun 2022 mengatakan, dalam kegiatan MTQ kali ini ada sejumlah perlombaan yang dipertandingkan.

Mulai dari seni baca Al-Qur’an golongan anak-anak, remaja, dewasa dan tuna netra, tartil Al-Qur'an, qira’at murattal golongan remaja dan dewasa,” ujar Murzidin.

Kemudian kata Murzidin, terdapat lomba hafalan Al-Qur'an terdiri dari 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, hafalan Al-Qur’an 10 juz, 20 juz dan 30 juz, fahm Al-Qur'an golongan putra dan putri.

Suasana jalannya lomba MTQ XXIX tingkat Provinsi Sultra di Azizah Hotel. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

“Serta tafsir Al-Qur’an Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, syarh Al-Qur'an golongan putra dan putri, seni kaligrafi Al-Qur'an golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer, karya tulis ilmiah Al-Qur'an. Perlombaan ini rata-rata dibagi menjadi kategori anak-anak, putra-putri, remaja dan dewasa,” ucapnyam.

Baca Juga: Dua Baju Adat Sulawesi Tenggara Dipilih Jokowi pada HUT ke-77 RI, Bukti Kekayaan Budaya

Sekretaris Dewan Hakim MTQ XXIX tahun 2022, Dariodi menjelaskan, para peserta tersebut nantinya akan dibina sehingga mendapatkan bimbingan lebih lanjut dan akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara di Banjarmasin guna mengikuti MTQ tingkat nasional.

“Harapan kami, mudah-mudahan pemerintah nanti memberikan pembinaan sebelum mewakili Sultra, seperti perlengkapan, bahan dan persiapan,” tuturnya

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan berupaya untuk terus meningkatkan prestasi putra-putri daerah di tingkat nasional.

Dalam mewujudkan hal itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi telah mengeluarkan kebijakan salah satunya yaitu meningkatkan uang pembinaan untuk peserta terbaik juara 1, 2, dan 3.

Baca Juga: Bangun Kekompakan, Inspektorat Kota Kendari Gelar Integritas Cup

“Yang sebelumnya hanya diberikan piala, sekarang diberikan hadiah sebesar Rp 50 juta,” pungkasnya.

Perlu diketahui, MTQ XXIX tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Gubernur Ali Mazi di salah satu hotel di Kendari pada Rabu (10/8/2022) pekan lalu.

Sebelum pembukaan, digelar defile para kafilah 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara. Turut pula sejumlah paguyuban, Badan Kontak Majelis Taklim dan Forum Kerukunan Umat Beragama turut serta meramaikan pawai tersebut. (A-Adv)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga