Dua Baju Adat Sulawesi Tenggara Dipilih Jokowi pada HUT ke-77 RI, Bukti Kekayaan Budaya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 15 Agustus 2022
0 dilihat
Dua Baju Adat Sulawesi Tenggara Dipilih Jokowi pada HUT ke-77 RI, Bukti Kekayaan Budaya
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, menyerahkan dua baju adat Sultra, untuk akan digunakan Presiden Jokowi di Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang. Foto: Ist.

" Baju adat itu disiapkan sesuai permintaan Istana Negara. Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio menyerahkan langsung dua pakaian tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo disiapkan baju adat Tolaki dan Buton untuk upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2022.

Baju adat itu disiapkan sesuai permintaan Istana Negara. Sekretaris  Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio menyerahkan langsung dua pakaian tersebut.

Baju adat pertama bernama Babung Ginasamani Ulusalu asal Tolaki dan baju adat Kesultanan Buton. Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah mengungkapkan, dua baju adat yang dibawa ke Istana mewakili daerah daratan dan kepulauan Sultra.

"Kemungkinan menggunakan baju warna merah baju asal Buton. Kemarin sudah diserahkan juga oleh Sekda Provinsi dan Kota Kendari, yang pasti itu keterwakilan 17 kabupaten/kota," katanya.

Ridwan menambahkan, tenunan Sultra dipilih Presiden Jokowi sebagai bukti kekayaan sumber daya alam dan budaya.

Baca Juga: KSK Berharap Presiden Kenakan Pakaian Adat Konawe di Upacara HUT RI

"Kemarin kan khas Muna yang dipakai presiden kemudian sekarang khas Tolaki dan Buton. Artinya presiden sangat memperhatikan Sultra," tuturnya.

"Ini juga tidak lepas dari kepemimpinan Gubernur Ali Mazi hingga Sultra bisa dilihat dan menarik presiden," tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menerangkan, awalnya gubernur menawarkan beberapa opsi termasuk dari Baubau dan Kendari.

"Hingga akhirnya dua pakaian itu yang dibawa ke Jakarta," ucapnya.

Suku Buton menempati wilayah Kepulauan Buton yaitu Pulau Buton dan sekitarnya. Sejarah Buton tidak terlepas dengan pernah adanya Kesultanan Buton yang berdiri di wilayah tersebut. Suku Buton juga mempunyai adat istiadat serta pakaian khas yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

Baca Juga: Tombi Kerajaan Konawe Kembali Berkibar di Istana Negara dalam Perayaan HUT ke-77 RI

Sementara itu Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir beberapa waktu lalu menerangkan Babung Ginasamani Ulusalu adalah pakaian adat Tolaki yang digunakan para raja-raja dulu dan saat ini kerap digunakan pimpinan pemerintahan.

Baju adat yang disiapkan untuk Presiden Jokowi tersebut berwarna merah dan terbuat dari kain bahan beludru.

Warna merah tersebut, kata Sulkarnain, memiliki makna keberanian dan ketangguhan yang sesuai pula dengan tema Hari Kemerdekaan 2022 yakni Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat. (A)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga