Jangan Keliru, Ini 5 Jenis Mentega yang Perlu Anda Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Januari 2022
0 dilihat
Jangan Keliru, Ini 5 Jenis Mentega yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi mentega. Foto: Repro Shutterstock

" Mentega merupakan salah satu produk susu yang mengandung lebih banyak lemak jenuh dibandingkan dengan lemak tak jenuhnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Mentega merupakan salah satu produk susu karena terbuat dari lemak hewan. Mentega juga terdiri dari air dan garam.

Mentega mengandung lebih banyak lemak jenuh atau saturated fats yakni 66 persen jika dibandingkan dengan lemak tak jenuhnya yakni 34 persen.

Lemak jenuh ini biasanya terkait dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi mentega.

Mentega juga diperkaya kandungan vitamin A, D, E, dan K. Mentega juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan terasa lebih gurih.

Selain itu, kita juga perlu tahu mengenai jenis-jenis mentega agar saat membeli tak lagi keliru.

Melansir merdeka.com, berikut ini jenis-jenis mentega:

1. Whipped Butter

Mentega ini memiliki kandungan udara atau gas seperti nitrogen. Inilah yang membuat mentega ini kurang padat jika dibandingkan dengan mentega lainnya. Kandungan kalorinya juga lebih rendah dan teksturnya cenderung lebih ringan.

Baca Juga: Simak, 5 Kebiasaan Ini Bisa Perbaiki Kualitas Hidup Kamu

Mentega ini cocok dioles pada roti bakar namun kurang cocok jadi olahan kue yang dipanggang.

2. Light Butter

Light butter punya kalori 50% lebih rendah dibanding mentega biasa. Sebab, kandungan lemak susunya 40% lebih rendah. Komposisi dalam mentega ini adalah air, asam laktis, dan lainnya.

Jenis mentega ini sangat tidak direkomendasikan untuk membuat kue yang dipanggang atau dimasak.

3. Salted Butter

Salted butter memiliki kandungan garam yang cukup tinggi sehingga cenderung punya rasa lebih asin. Mentega jenis ini bisa dibilang paling luas dikenal masyarakat.

Mentega ini digunakan untuk mengoles roti atau martabak, salah satunya sebagai bahan pembuat cake, atau digunakan untuk menumis maupun menggoreng.

4. Unsalted Butter

Mentega tawar atau unsalted butter juga umum digunakan dalam membuat beraneka ragam sajian kuliner. Mentega ini dibuat dari susu atau krim maupun campuran keduanya.

Mentega jenis ini memiliki kandungan setidaknya 80% lemak susu, yaitu elemen lemak dalam susu yang dipisahkan untuk membuat krim.

Baca Juga: Ingat, 8 Cara Jitu Agar Emosi Berlebih Dapat Dikendalikan

5. Organic Butter

Sebenarnya, yang membedakan organic butter dengan jenis mentega lainnya bisa dilihat dari cara pembuatannya.

Organic butter berasal dari sapi yang diternak tanpa mendapat konsumsi antibiotik atau hormon pertumbuhan, makanan yang dikonsumsi sapi tersebut juga rumput yang dirawat organik tanpa pestisida atau pupuk sintetis.

Jenis organic butter memiliki dua pilihan, yaitu salted atau unsalted.

6. European-Style Butter

Mentega ini punya kandungan lemak susu sangat banyak, sekitar 82% sampai 85%. Teksturnya kurang halus, apabila digunakan untuk membuat cake akan menjadi fluffy.

Terbuat dari krim fermentasi, European-style butter bisa juga digunakan untuk campuran berbagai jenis masakan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga