8 Tips Rumah Tetap Aman Ditinggal Mudik

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
8 Tips Rumah Tetap Aman Ditinggal Mudik
Meski ditinggal lama, Anda tetap bisa menjaga rumah tetap aman selama ditinggal mudik. Foto: Repro Um-surabaya.ac.id

" Pastikan Anda mengunci semua pintu dan jendela rumah saat akan ditinggal mudik "

KENDARI, TELISIK.ID - Mudik sudah jadi tradisi jelang lebaran demi rayakan hari kemenangan bersama keluarga di kampung halaman. Di masa mudik lebaran, tak jarang kejahatan mengintai khususnya terhadap keamanan rumah yang ditinggal.

Dilansir dari Depok.pikiran-rakyat.com dan Tempo.co, berikut ini sejumlah tips yang bisa membantu Anda agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran.

1. Pastikan kunci semua pintu dan jendela rumah

Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting saat akan meninggalkan rumah. Jadi pastikan Anda mengunci semua pintu dan jendela rumah saat akan ditinggal mudik.

2. Cabut colokan listrik dan gas

Bagi Anda yang akan bepergian dan meninggalkan rumah saat mudik lebaran, sebaiknya periksa kembali semua listrik dan gas di rumah. Cabut semua colokan yang masih terpasang serta gas untuk menghindari kebakaran.

3. Simpan barang berharga di tempat yang terkunci

Baca Juga: 5 Cara Tetap Sehat Berpuasa Saat Mudik Lebaran

Bagi Anda yang akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama sebaiknya simpan semua barang berharga di tempat yang memiliki kunci.

4. Tutup lubang pembuangan

Menjaga kebersihan rumah sangat penting terlebih ketika akan ditinggal mudik. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari masuknya hewan seperti kecoa, tikus, dan semut.

5. Jangan tunjukkan jika rumah dalam keadaan kosong

Rumah yang terlihat kosong dapat menarik perhatian para pencuri. Oleh karena itu, penting untuk mengecoh orang-orang jahat yang biasanya mengincar rumah kosong dengan beberapa hal mudah yang bisa dilakukan.

Kamu bisa pasang lampu yang bisa diatur kapan harus menyala dan mati sehingga bisa menyala otomatis.

6. Lapor pada RT dan satpam setempat

Baca Juga: Catat, Ini 5 Jenis Obat Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran

Beritahu satpam kompleks bahwa Anda akan meninggalkan rumah dalam beberapa waktu. Laporkan juga pada ketua RT setempat jika rumah kosong.

7. Pasang alarm keamanan

Pastikan Anda memeriksa dan mengunci semua akses masuk rumah. Tapi alangkah baiknya jika memasang alarm di rumah untuk keamanan ekstra.

8. Pasang CCTV

Kamera pengawas atau CCTV bisa menjadi alternatif yang paling baik agar merasa lebih tenang ketika meninggalkan rumah terlebih untuk mudik dalam waktu yang cukup lama. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga