Catat, Ini 5 Jenis Obat Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 12 April 2023
0 dilihat
Catat, Ini 5 Jenis Obat Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran
Penting untuk menyiapkan berbagai macam obat yang perlu dibawa saat mudik. Foto: klikdokter.com

" Perjalanan mudik atau pulang kampung saat lebaran tidak selalu berjalan mulus. Seringkali ada masalah kesehatan yang dialami saat mudik "

KENDARI, TELISIK.ID - Perjalanan mudik atau pulang kampung saat lebaran tidak selalu berjalan mulus. Seringkali ada masalah kesehatan yang dialami saat mudik.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, mudik sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama menjelang hari besar keagamaan. Seperti perjalanan jauh pada umumnya, mudik membutuhkan lebih banyak energi tubuh dibandingkan aktivitas harian lain.

Tak hanya itu, perjalanan mudik yang panjang juga bisa saja membuat Anda lebih rentan mengalami masalah kesehatan, mulai dari mabuk perjalanan, ISPA, hingga diare karena mengonsumsi sembarang makanan yang terkontaminasi kuman.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Toples untuk Kue Lebaran Agar Awet

Olehnya itu, penting untuk menyiapkan berbagai macam obat yang perlu dibawa saat mudik agar perjalanan bisa lancar dan kesehatan terjaga.

Melansir yoursay.id dari HelloSehat, berikut beberapa  jenis obat yang wajib dibawa saat mudik lebaran:

1. Obat Maag

Bagi kamu penderita maag, membawa obat maag selama mudik adalah hal yang wajib. Kamu bisa membeli obat maag yang dijual bebas di apotik atau membawa obat yang telah diresepkan oleh dokter. Jadi, jika dalam perjalanan kamu mengalami sakit maag, maka kamu bisa mengatasinya dengan minum obat maag. 

2. Obat Mual

Meskipun kamu sudah biasa melakukan perjalanan mudik dengan jarak jauh, namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa mengalami mual selama perjalanan. Terlebih jika kamu mudik dengan menggunakan transportasi umum seperti bus, kapal, maupun pesawat. 

Untuk mengurangi risiko terjadinya mual selama perjalanan, kamu bisa mengonsumsinya sebelum mulai melakukan perjalanan. Kamu bisa mendapatkan obat mual ini dengan mudah di apotik terdekat. Pastikan, kamu mengikuti petunjuk penggunaan obat tersebut. 

3. Obat Pencernaan

Masalah pencernaan yang kerap terjadi saat perjalanan mudik adalah diare. Diare ini disebabkan karena adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang sistem pencernaan.

Mengalami diare saat mudik akan membuat kamu merasa tidak nyaman bahkan dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, kamu perlu membawa obat diare atau obat untuk pencernaan ketika mudik. Jadi, jika kamu mengalami diare maka kamu bisa langsung meminumnya.

4. Obat Demam

Melakukan perjalanan mudik dengan anak-anak juga perlu persiapan yang ekstra. Hal ini dikarenakan anak memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan bisa saja terserang penyakit saat perjalanan mudik. 

Obat yang wajib kamu bawa adalah obat demam yang dapat membantu meredakan demam pada anak. Selain itu, obat demam seperti Paracetamol juga dapat meredakan sakit kepala, sakit punggung, dan nyeri sendi. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Tak Kesiangan Bangun Sahur

5. Suplemen Vitamin C

Jenis obat selanjutnya yang wajib kamu bawa saat mudik lebaran adalah suplemen vitamin C. Kamu bisa mengonsumsi suplemen ini sesuai dengan anjuran agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga kamu tetap fit selama perjalanan.  

Nah, itulah beberapa jenis obat yang wajib Telisikers bawa saat mudik lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga