Simak Cara Mudah Diet Menggunakan Lemon

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 10 September 2022
0 dilihat
Simak Cara Mudah Diet Menggunakan Lemon
Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk diet adalah dengan mengkonsumsi air lemon. Foto: Repro iStock

" Memiliki tubuh yang ideal menjadi keinginan sebagain besar orang. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan diet "

JAKARTA, TELISIK.ID - Memiliki tubuh yang ideal menjadi keinginan sebagain besar orang. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan diet.

Pada umumnya, dikutip halodoc.com, diet pada dasarnya adalah pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur. Tujuan adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan atau diet dengan mengkonsumsi air lemon.

Diet dengan air lemon terbilang sederhana untuk dijalani. Inti dari diet ini adalah mengurangi kalori dengan membatasi makanan yang dikonsumsi dan memperbanyak konsumsi air lemon dan air putih.

Baca Juga: 7 Tips Atur Keuangan di Tengah Hidup Serba Mahal

Di awal masa diet, Anda dianjurkan mengurangi asupan makanan dan minuman secara bertahap, sebelum benar-benar menerapkan diet lemon dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman lain. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat menyesuaikan dengan pola diet lemon tersebut.

Melansir alodokter.com, berikut ini adalah tahapan diet lemon yang bisa dilakukan:

Hari pertama dan kedua

Hindari makanan olahan, daging, susu, gula, makanan berlemak, minuman beralkohol, soda, dan kafein. Pada dua hari pertama ini, fokuskan hanya pada mengonsumsi sayuran atau buah segar.

Hari ketiga

Di hari ketiga, coba mulai biasakan diri melakukan diet hanya dengan mengonsumsi minuman smoothie, kuah sup, dan jus buah atau sayuran sepanjang hari.

Hari keempat

Anda hanya boleh minum air putih atau air jeruk peras yang ditambah satu atau maksimal dua sendok teh gula. Asupan gula dapat memberi energi bagi tubuh agar tidak kelelahan selama menjalani diet.

Hari kelima

Anda sudah bisa mulai menjalani diet lemon. Pertama-tama, siapkan bahan untuk membuat air lemon, yaitu 2 sendok makan air perasan lemon, segelas air putih, dan 2 sendok makan gula. Campurkan bahan-bahan tersebut dan minumlah tiap kali Anda merasa lapar.

Baca Juga: Tanpa Aplikasi Tambahan, Ini 4 Cara Mengubah Foto Ukuran 3x4 Secara Online

Batas konsumsi air lemon adalah 6–12 kali sehari. Diet ini sebaiknya disertai dengan mengonsumsi 1 liter air hangat yang dicampur 1 atau 2 sendok makan garam setiap pagi dan satu gelas air atau teh hangat pada malam hari sebelum tidur.

Anda bisa melakukan diet lemon selama 10–30 hari, terhitung setelah masa awal penyesuaian. Saat berat badan sudah mencapai target yang diharapkan dan Anda ingin menghentikan diet, jangan melakukannya secara mendadak.

Sama halnya seperti ketika memulai, menghentikan diet lemon juga harus dilakukan secara bertahap. Anda boleh mulai makan seperti biasa, namun batasi porsi dan jumlah kalori yang dikonsumsi agar tidak menambah berat badan terlalu banyak. Selingi juga dengan konsumsi air lemon ketika lapar. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga