6 Cara Penanganan Pertama Saat Anak Demam

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 23 Oktober 2022
0 dilihat
6 Cara Penanganan Pertama Saat Anak Demam
Memberikan penanganan pertama penting dilakukan saat anak mengalami demam. Foto: Repro google.com

" Demam menjadi salah satu kondisi kesehatan yang seringkali dialami seseorang, termasuk anak-anak. Saat anak demam orang tua harus segera melakukan penanganan pertama "

KENDARI, TELISIK.ID - Demam menjadi salah satu kondisi kesehatan yang seringkali dialami seseorang, termasuk anak-anak. Saat anak demam orang tua harus segera melakukan penanganan pertama.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, demam dapat terjadi pada siapa pun, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Sementara baru-baru ini, anak-anak yang banyak diberitakan mengalami demam.

Demam merupakan meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat celcius. Kondisi ini bisa menandakan adanya penyakit atau kondisi tertentu di dalam tubuh si anak. 

Baca Juga: 8 Cara Jitu Membentuk Tim Kerja yang Solid dan Efektif

Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan dan infeksi saluran kemih.

Melansir kompas.com, ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan sebagai penanganan pertama anak demam, yaitu:

1. Kompres anak dengan air hangat atau membiarkan mereka berendam sejenak di air hangat.

2. Dorong si kecil untuk tetap mencukupi cairannya demi mencegah dehidrasi. Anda dapat menyiapkan air putih, larutan elektrolit, jus buah, atau buah-buahan yang mengandung banyak air.

3. Siapkan makanan hangat seperti sup atau rebusan kaldu. Usahakan mereka tetap mendapat asupan, meski napsu makan berkurang.

Baca Juga: Catat, 11 Cara Ini Bisa Bantu Cegah Gagal Ginjal

4. Kenakan pakaian yang nyaman untuk si kecil, pastikan tidak terlalu tebal dan menyerap keringat.

5. Jaga suhu ruangan, terutama kamar si kecil agar tetap sejuk dan nyaman. Anda dapat menggunakan kipas angin untuk menjaga sirkulasi udara, namun jangan diarahkan langsung ke anak.

6. Biarkan si kecil tetap melakukan aktivitas ringan, seperti berjalan ke ruang keluarga untuk menonton televisi atau membaca buku.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk penanganan pertama bagi anak ketika mengalami demam. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga