9 Obat Alami Atasi Sakit Gigi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 02 Mei 2024
0 dilihat
9 Obat Alami Atasi Sakit Gigi
Sakit gigi dapat diatasi dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami tertentu. Foto: Repro google.com

" Untuk mengatasi sakit gigi, banyak cara yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter, salah satunya mengobatinya dengan bahan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk mengatasi sakit gigi, banyak cara yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter, salah satunya mengobatinya dengan bahan alami.

Dikutip dari kemkes.go.id, kesehatan gigi merupakan bagian integral dari kesehatan tubuh. Artinya, tubuh yang sehat tidak terlepas dari memiliki gigi dan mulut yang sehat.

Salah satu masalah gigi yang kerap dialami adalah gigi berlubang. Kondisi gigi berlubang atau disebut karies ini ditandai dengan kerusakan struktur gigi sehingga menyebabkan terbentuknya lubang pada gigi.

Apabila tidak ditangani segera, penyakit ini lama kelamaan dapat menimbulkan nyeri, rasa sakit, dan kehilangan gigi bahkan menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya.

Untuk mengatasi sakit gigi, banyak cara yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter, salah satunya mengobatinya dengan bahan alami.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa pilihan bahan alami yang dapat dijadikan obat atasi sakit gigi:

1. Bawang putih

Bahan alami pertama untuk mengatasi sakit gigi adalah bawang putih. Hal ini karena bawang putih dipercaya mampu meredakan nyeri sakit gigi sekaligus membunuh bakteri penyebab plak gigi.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan bawang putih sebagai obat sakit gigi alami, yaitu dengan menghaluskan 1 siung bawang putih, lalu mengoleskannya ke gigi yang sakit.

Baca Juga: 7 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Sakit Gigi Berlubang

Selain itu, untuk merasakan khasiat bawang putih tersebut, Anda juga dapat mengunyah bawang putih segar yang sudah dikupas menggunakan gigi yang sakit secara perlahan.

2. Daun jambu biji

Bahan alami kedua adalah daun jambu biji. Ingat ya, bukan buahnya tapi daunnya yang dipercaya juga dapat membantu mengatasi sakit gigi.

Hal ini karena daun jambu biji memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri, serta membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Obat sakit gigi alami dengan daun jambu biji ini bisa digunakan dengan cara dikunyah langsung atau menggunakan air rebusan daun jambu biji sebagai obat kumur.

3. Garam

Bahan alami ketiga untuk meredakan rasa sakit gigi adalah garam. Bahan ini dari dulu sudah menjadi alternatif untuk mengatasi sakit gigi.

Caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan larutan air garam tersebut sebagai obat kumur.

Diketahui, air rendaman garam dapat menjadi disinfektan alami untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Selain itu, berkumur menggunakan air garam juga bisa membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi.

4. Madu

Bahan alami keempat dalam madu. Selain menyehatkan, ternyata madu juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi.

Bahan alami ini dapat dimanfaatkan karena madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang efektif dapat mengurangi nyeri dan bengkak akibat sakit gigi.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan Anda bisa menjadikan madu sebagai obat kumur, dengan melarutkan 1 sendok makan madu dalam segelas air hangat.

Selain dijadikan sebagai larutan untuk kumur, Anda juga bisa mendapatkan efek yang serupa dengan mengoleskan madu secara langsung ke area gigi yang terasa sakit.

5. Minyak cengkeh

Bahan alami kelima adalah minyak cengkeh. Ya, hal ini karena minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang bersifat sebagai antiseptik alami. Dimana senyawa ini dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan akibat sakit gigi.

Adapun cara memanfaatkan bahan ini sebagai obat sakit gigi alami, cukup dengan mencampurkan 5 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Lalu, rendam kapas ke dalam larutan tersebut hingga minyak menyerap. Setelah itu, gigit kapas dengan gigi yang sakit selama 10 menit.

Selain itu, ada juga cara lainnya yakni dengan mencampurkan 1 tetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air untuk menjadikannya sebagai obat kumur. Dengan begitu, keluhan sakit gigi pun mereda.

6. Es batu

Bahan alami keempat adalah es batu. Rasa dingin dari es batu dapat mengurangi bengkak akibat sakit gigi. Selain itu, apabila sakit gigi disebabkan oleh benturan yang mengakibatkan cedera pada gigi, Anda dapat menempelkan es batu yang telah dibungkus kain atau handuk bersih ke sisi luar pipi selama 20 menit.

Cara tersebut terbukti ampuh untuk meredakan nyeri dengan membuat pembuluh darah di area yang sakit menjadi menyempit.

7. Teh peppermint

Bahan alami ketujuh adalah teh peppermint. Teh peppermint mengandung mentol yang mampu meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Baca Juga: 10 Pilihan Obat Sakit Gigi Herbal

Untuk mendapatkan manfaat teh peppermint sebagai obat sakit gigi alami, cukup dengan memasukkan kantung teh peppermint yang telah diseduh ke dalam freezer selama beberapa menit. Setelah itu, gigit kantong teh peppermint menggunakan gigi yang sakit.

8. Minyak kelapa

Bahan alami kedelapan adalah minyak kelapa. Minyak satu ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit, tetapi dipercaya juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami.

Pemanfaatan minyak kepala ini dapat dilakukan karena minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa sebagai obat sakit gigi alami, Anda bisa berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa selama 15–20 menit, setiap pagi setelah Anda baru bangun tidur.

9. Siwak

Bahan alami kesembilan yang dapat membantu mengatasi sakit gigi adalah siwak. Ya, dengan mengunyah siwak atau miswak, sakit gigi yang dialami dapat diredakan.

Hal ini karena ranting dari pohon arak (salvador persica) ini memiliki efek analgesik atau antinyeri dan dapat mengurangi bengkak pada gusi akibat sakit gigi.

Selain itu, obat sakit gigi alami satu ini juga memiliki efek antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi. Namun perlu diingat, sebaiknya menjaga kebersihan gigi juga harus dilakukan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga