5 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Hamil

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
5 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Hamil
Daging sapi, domba, babi, atau unggas mentah harus dihindari selama kehamilan, karena dapat meningkatkan risiko E. coli dan toksoplasmosis. Foto: Dailybunda.co.id

" Pada masa kehamilan, penting bagi Anda untuk memilih asupan makanan yang bernutrisi agar janin dapat tumbuh dengan optimal di dalam kandungan. Namun, tak semua makanan bernutrisi aman bagi kehamilan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pada masa kehamilan, penting bagi Anda untuk memilih asupan makanan yang bernutrisi agar janin dapat tumbuh dengan optimal di dalam kandungan. Namun, tak semua makanan bernutrisi aman bagi kehamilan.

Beberapa jenis makanan bergizi dapat berpotensi membahayakan kesehatan janin, contohnya seperti makanan mentah. Makanan mentah ataupun makanan yang dimasak setengah matang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Hal ini disebabkan karena makanan mentah dapat mengandung berbagai bakteri yang membahayakan janin seperti bakteri Salmonella dan Listeria seperti dikutip dari Dairybunda.co.id.

Makanan mentah yang harus dihindari ibu hamil, dilansir dari Kompas.com dan dairybunda.co.id:

Baca Juga: Ini Bahaya Potong Daging Pakai Talenan Kayu

1. Daging mentah

Daging sapi, domba, babi, atau unggas mentah atau setengah matang harus dihindari selama kehamilan. Makanan ini meningkatkan risiko E. coli dan toksoplasmosis. Umumnya, daging harus dimasak sampai matang.

Pada ibu hamil, gejala infeksi toxoplasma atau toxoplasmosis seringkali sulit terdeteksi. Namun jika muncul, gejalanya dapat menyerupai flu, sakit tenggorokan, demam, dan nyeri otot. Parasit toxoplasma dapat menimbulkan risiko yang lebih serius pada janin karena dapat menyerang janin melalui plasenta.

2. Telur mentah

Memiliki makanan yang mungkin mengandung telur mentah seperti mayonaise, saus salad, es krim buatan sendiri, dan tiramisu harus dihindari selama kehamilan karena bakteri Salmonella dapat menular dari kulit luar yang utuh ke bagian dalam telur. telur.

3. Ikan mentah

Ikan dan kerang mentah dapat menjadi pemicu infeksi pada kehamilan yang berupa infeksi virus, bakteri, atau parasit seperti Norovirus, Vibrio, Salmonella, dan Listeria. Pada ibu hamil, Infeksi bakteri dan virus ini mungkin hanya menimbulkan gejala ringan seperti dehidrasi, mual, sakit kepala, sakit tenggorokan, diare dan lemas. Namun pada janin, infeksi ini dapat menimbulkan risiko yang lebih serius bahkan dapat berakibat fatal.

4. Sayuran dan kecambah mentah

Sayuran dan kecambah merupakan asupan penuh nutrisi serta serat yang sangat baik bagi ibu hamil. Namun, jika dikonsumsi dalam keadaan mentah dan tidak dicuci dengan bersih, sayuran mentah dapat berpotensi mengandung bakteri Salmonella dan E.coli.

Bakteri yang terkandung dalam makanan mentah dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan pada ibu hamil seperti diare, mual, muntah, dan demam. Gejala ini bisa menimbulkan dehidrasi pada ibu hamil sehingga mengganggu tumbuh kembang janin. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Tidur Telanjang: Tingkatkan Kualitas Seks

5. Susu mentah

Mengonsumsi susu mentah dan keju yang tidak melewati proses pasteurisasi dapat menyebabkan gangguan kehamilan karena asupan ini berpotensi mengandung berbagai jenis bakteri seperti Listeria, Salmonella, E.coli dan Campylobacter.

Produk susu mentah dapat terkontaminasi bakteri pada proses pengumpulan serta penyimpanannya. Untuk itu, proses pasteurisasi sangat penting dilakukan dalam pengolahan produk susu karena dapat membunuh bakteri pada susu dan keju tanpa mengurangi kandungan gizinya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga