9 Profesi untuk Kamu yang Suka Menulis, Nomor 6 Paling Seru

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 30 Januari 2022
0 dilihat
9 Profesi untuk Kamu yang Suka Menulis, Nomor 6 Paling Seru
Banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menulis sebagai syaratnya. Foto: Repro freepik

" Salah satu manfaat menulis adalah sebagai tempat menuangkan ekspresi diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Bekerja sesuai hobi atau bakat merupakan keinginan kebanyakan orang. Jika itu bisa diwujudkan, maka ia merasa tidak sedang bekerja tapi menjalankan hobinya.

Saat ini, banyak pekerjaan yang membutuhkan bakat atau hobi. Salah satunya adalah menulis.

Apalagi seperti yang dikutip dari qwords.com, menulis punya banyak manfaat. Di mana manfaat menulis yang pertama adalah sebagai tempat menuangkan ekspresi diri.

Seseorang bebas membuat tulisan ketika sedang sedih, senang, galau, marah atau lainnya saat tidak bisa bercerita kepada orang lain. Tulisan dipilih menjadi media yang paling tepat untuk menuangkan segala ekspresi

Sebagai seseorang yang hobi menulis, kamu pasti bertanya-tanya pekerjaan apa yang cocok buat kamu yang hobi menulis, agar pekerjaan yang dikerjakan bisa mendapatkan uang sekaligus menyalurkan hobi.

Melansir yoursay.com, berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk kamu yang suka menulis:

1. Penulis Buku

Menjadi penulis buku sangat cocok buat kalian yang hobi menulis, selain menyalurkan hobi, kalian bisa menerbitkan buku untuk kenang-kenangan, bisa dilihat anak cucu nanti. Dan pastinya menghasilkan uang! 

2. Content Writer

Content writer merupakan pekerjaan menulis di mana mereka menulis di situs web. Seperti, menulis artikel di website. 

Pekerjaan ini sedang naik daun karena di dunia digital pada saat ini banyak sekali perusahaan-perusahan yang membutuhkan jasa seorang content writer. 

3. Copy Writer 

Pekerjaan ini hampir sama dengan content writer, berbedanya jika content writer menulis di website-webstite. Maka, copy writer menulis di perusahaan periklanan dengan tujuan promosi dan jasa.

Baca Juga: Pulau Bokori, Suku Bajo dan Sekelumit Persoalannya

Di sini kamu diharuskan menulis promosi yang bisa memikat orang-orang agar membeli barang atau jasa dari perusahaan tersebut.

4. Blogger

Blogger adalah sebutan untuk orang-orang yang suka menulis di blog. Orang-orang ini sering menulis tentang keseharian mereka, tentang hal-hal yang mereka sukai, opini mereka, dan masih banyak lagi lainnya. Dan jika ini sudah di Indeks oleh Google. Kalian juga akan mendapatkan uang.

5. Ghost Writers

Ghost writer adalah penulis bayangan. Jadi, kalian mencari uang dari tulisan yang kalian buat. Akan tetapi, nama yang tercantum bukan atas nama kalian. Namun, pekerjaan ini bayarannya sangat tinggi, loh! 

6. Jurnalis

Selanjutnya, jurnalis. Pekerjaan menulis berikut ini berkecimpung pada dunia media massa. Di sini kalian membuat berita, melaporkannya, dan menganalisis berita yang terjadi pada masyarakat. 

Profesi sebagai jurnalis ini berbeda dari yang lainnya, karena pekerjaan ini cukup seru dan menantang. Pasalnya, seorang jurnalis akan banyak menemui banyak masalah sebagai bahan tulisan beritanya.

7. Co-writer

Baca Juga: Manfaatkan Barang Bekas, Ibu Ini Berhasil Raup Rupiah

Co-writer atau penulis pendamping adalah pekerjaan menulis berdasarkan gagasan orang lain. Lalu, tugas kalian adalah menuliskannya semenarik mungkin. 

8. Penulis Naskah

Penulis naskah atau penulis skenario adalah orang-orang yang bekerja menulis naskah untuk sebuah project film, drama, sinetron, dan lain sebagainya. Pekerjaan ini cocok untuk kalian yang hobi nonton dan menulis. 

9. Novelis

Novelis adalah sebutan untuk penulis novel atau pengarang novel fiksi. Yang bekerja dengan menulis cerita fiksi yang dijadikan sebuah buku. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga