95 KK di Wakatobi Keciprat BSPS Rp 35 Juta

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Senin, 29 Agustus 2022
0 dilihat
95 KK di Wakatobi Keciprat BSPS Rp 35 Juta
Penyerahan secara simbolis bantuan BSPS kepada masyarakat oleh Bupati Wakatobi, Haliana. Foto: Boy/Telisik.

" Bantuan tersebut diberikan dalam rangka mengatasi masalah rumah tidak layak huni dan masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Sebanyak 95 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara menerima Bantuan Stimultan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI).

Penyerahan bantuan tersebut ditujukan kepada masyarakat kurang mampu. Di mana  warga yang menerima bantuan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU), menerima masing-masing senilai Rp 35 juta,

Bupati Wakatobi Haliana mengungkapkan, bantuan tersebut diberikan dalam rangka mengatasi masalah rumah tidak layak huni dan masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Pada tahun anggaran 2022 untuk pertama kalinya mendapatkan DAK bidang perumahan sebayak 95 unit dengan total anggaran sebesar Rp 20 miliar pada 95 rumah yang tersebar pada 6 desa/kelurahan se-Kabupaten Wakatobi,” ungkap Haliana  Senin, (29/08/2022)

Haliana menyebut, hal ini merupakan satu langkah maju dalam upaya percepatan pemenuhan kebutuhan rumah layak huni di Kabupaten Wakatobi.

Baca Juga: KAHMI Muna Barat Dorong Zahrir Baitul Calon Presidium di Muswil

“Alhamdulilah berkat doa dan dukungan kita semua, melalui APBD 2022 kita telah menganggarkan sebesar Rp 5,700 miliar pada 316 unit rumah yang tersebar pada 23 desa/kelurahan di Wakatobi,” jelasnya.

Haliana berharap, penerima BSPS dapat memanfaatkan semaksimal mungkin agar dapat memperoleh rumah yang layak huni.

“Setelah bantuan ini diterima harapannya agar dimanfaatkan untuk mengerjakan penyelesaian pembangunan rumah masing-masing penerima bantuan,” harapnya.

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara Minta ASN Beri Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Wakatobi, Aswiadin menjelaskan, total anggaran dari program BSPS prasejahtera individu sebesar Rp 3.425.000.000.

“Pencairan dana bantuan ini terdapat dua tahap. Tahap pertama saat ini sudah berada pada rekening masing-masing penerima sebesar Rp 20 juta dan untuk tahap dua akan diserahkan lagi kepada masing-masing sebesar Rp15 juta,” ujar Aswiadin

Perlu diketahui berdasarkan data base rumah tidak layak huni tahun 2021 hingga saat ini di Kabupaten Wakatobi masih terdapat 4.933 unit rumah tidak layak huni. (B)

Penulis: Boy Candra Ferniawan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga