97 Mahasiswa Diwisuda, STIP Wuna Bersiap jadi Universitas

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 17 November 2019
0 dilihat
97 Mahasiswa Diwisuda, STIP Wuna Bersiap jadi Universitas
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Ketua Yayasan STIP Wuna, Uking Djasa dikegiatan wisuda. Foto : Naryo/Telisik

" Kalau begini terus, kita akan gulung tikar. Semoga moratorium segera dicabut. "

MUNA, TELISIK.ID - Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna kembali mewisuda 97 mahasiswa yang berasal dari empat Program Studi (Prodi). Rincianya, 11 orang budidaya, 20 orang kehutanan, 32 agribisnis dan 34 agroteknologi. Para mahasiswa yang diwisuda merupakan angkatan ke XII.

Ketua Yayasan STIP Wuna, Uking Djasa menerangkan, wisuda ini jangan dijadikan sebagai seremoni belaka. Karena, setelah mendapat predikat sarjana, para wisudawan akan diperhadapkan dengan seribu persoalan yang ada ditengah-tengah masyarakat. Olehnya itu, Ia berharap, para wisudawan dapat mengamalkan ilmu yang didapat selama dibangku perkuliahan.

Wakil Ketua DPRD Muna Barat (Mubar) itu menaruh harapan pada Kemenristekdikti agar memperhatikan status STIP. Karena, akibat moratorium dari Pusat, hingga saat ini statusnya belum bisa berubah menjadi universitas. Padahal, seluruh kelengkapan administrasi telah dilengkapi.

"Kalau begini terus, kita akan gulung tikar. Semoga moratorium segera dicabut," ujarnya.

Sekretaris LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Andi Lukman memberi sinyak status STIP Wuna akan berubah menjadi universitas. Pasalnya, saat ini Pemerintah Pusat telah mencabut moratoriumnya.

"InsyaAllah akan segera terwujud," katanya.

Menurut Andi, selama ini STIP telah berhasil menyelenggarakan pendidikan. Dari empat Prodi, satu diantaranya telah terakreditasi. Atas presrasi itu, pusat memberikan beasiswa bagi para mahasiswa.

Sementara itu Bupati Muna, LM Rusman Emba akan terus memajukan sektor pendidikan. Sejak tahun pertama Ia menjabat, STIP telah diupayakan untuk berubah status menjadi universitas. Namun, karena ada regulasi yang tidak memperbolehkan Pemkab untuk mengurusi Perguruan Tinggi (PT) dan ada moratorium.  Akan tetapi, Pemkab akan terus berada di belakang STIP.

"Pihak kampus jangan menutup diri, InsyaAllah, Pemkab akan terus membantu mewujudkan cita-cita menjadi universitas," ujarnya.

Mantan senator DPD RI ini, mengingatkan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan kemampuannya. Bukan tidak mungkin tenaga sumber daya manusia akan masuk ke Muna. Diera Globalisasi saat ini persaingan semakin keras. Dibutuhkan semangat yang besar untuk menjadi bagian dari proses persaingan ini. Namun Bupati Muna yakin kepada para wisudawan ini bisa survive serta tumbuh dan berkembang dalam peningkatan diri maupun daerah yang dicintai ini agar Muna terus maju dan berkembang.

Reporter : Naryo
Editor: Sumarlin

Baca Juga