Bertaraf Internasional, Unissula Buka Magister dan Doktor Ilmu Hukum di Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 01 Juli 2020
0 dilihat
Bertaraf Internasional, Unissula Buka Magister dan Doktor Ilmu Hukum di Kendari
Mahasiswa Unissula di depan gedung Fakultas Hukum. Foto: Ist.

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Seiring perjalanan waktu ternyata sejumlah kampus swasta kini menjadi destinasi pendidikan yang sangat menarik masyarakat. Salah satunya adalah Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Terbukti, setiap tahun Unissula terus membenahi diri untuk meningkatkan kualitasnya seperti membangun jaringan pendidikan internasional. Sehingga tidak heran, jika kampus yang berlokasi di Semarang ini kini menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa.

Kabar baiknya, jika beberapa tahun silam, ribuan mahasiswa Sulawesi Tenggara (Sultra) harus terbang ke Semarang untuk berkuliah di sana, kini tak perlu lagi. Unissula kini membuka Pendidikan Program Jarak Jauh (PJJ) untuk kelas Kendari.

Pada tahun ajaran 2020/2021, Unissula kelas Kendari ini mulai membuka penerimaan mahasiswa barunya (PMB) dari 1 Juli hingga 20 Agustus 2020, untuk tiga program studi (Prodi), yakni Magister Kenotariatan, Magister Ilmu Hukum, dan Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH).

Tim Pengelola Pendidikan Program Jarak Jauh (PJJ) Unissula Kelas Kendari, Ma'ruf Akib mengatakan, kuota yang disediakan untuk PJJ ini sangat terbatas, yakni hanya 30 orang setiap Prodi.

"Kuota dibatasi karena untuk efektifitas pengajaran. Pendaftaran bisa langsung dilakukan dengan hubungi customer service 082292872523 (Anriani) dan 085241886844 (R. Sutriani). Nanti akan dipandu untuk melengkapi berkas pendaftaran dan syarat lainnya," katanya.

Alumni Magister Kenotariatan dan Doktor Ilmu Hukum Unissula melanjutkan, baru kali ini PJJ Unissula membuka pendaftaraan di Kendari, dengan tiga Prodi tersebut, sebab mereka melihat animo masyarakat untuk melajutkan kuliah di Kendari cukup tinggi.

 

Ketgam: Tampak megah gedung Unissula Semarang. Foto: Ist.

 

Olehnya itu, program ini sangat memberikan keuntungan bagi calon mahasiswa, karena mereka tidak perlu lagi repot pergi kuliah ke Semarang untuk mengambil kenotariatan, magister ilmu hukum, dan doktor ilmu hukum.

Disisi lain, kualitas dosen di Unissula sangat kompeten, sebab dosen pengajarnya adalah doktor dan guru besar.

"Untuk akreditasi sudah A, dan baru saja menerima akreditas Primer Institution dari Inggris, skala internasional. Ditambahkan lagi ada jaringan disponsori untuk melakukan penelitian di luar negeri, dan sudah dilakukan sejak dulu," terangnya.

Baca juga: UGM Kembangkan Alat Pengukur Suhu Tubuh dengan Pemindai Wajah

Ia menambahkan, kemudahan yang diberikan adalah karena perkuliahan tidak akan mengganggu pekerjaan, sebab dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu.

Sementara untuk waktu dan lokasi perkuliahan akan ditentukan oleh dosen. Meski demikian, mahasiswa tidak perlu cemas sebab perkuliahan akan dilaksanakan di tempat yang lengkap fasilitasnya.

"Meski program ini memang diperuntukan bagi mereka yang sedang bekerja, tetapi ingin melanjutkan kuliah. Tapi, kami juga tidak menutup mata bagi mahasiswa yang baru menamatkan S1, dan ingin melanjutkan S2 di PJJ Unissula, "pungkasnya.

Perlu diketahui, Unissula merupakan universitas terkemuka di Indonesia dan telah meneguhkan diri sebagai World Class Islamic University.

Apalagi, Unissula secara konsisten mengembangkan empat strategi pendidikan yang menjadi ciri khas dan keunggulan tersendiri di antara ribuan universitas di Indonesia.

Pertama, Unissula mengembangkan Budaya Akademik Islami (BudAi) dalam aktivitas pembelajarannya guna membangun karakter mahasiswa agar menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah dan memiliki kompetensi sesuai bidangnya masing-masing.

Kedua, Unissula memperkuat kompetensi bahasa internasionalnya baik bagi dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa. Hal tersebut merupakan jawaban atas tuntutan di era yang sudah mengglobal ini yang menjadikan bahasa internasional sebagai kebutuhan primer dalam berkomunikasi dengan dunia luar.

Ketiga, membangun Jaringan pendidikan internasional. Dalam beberapa tahun terakhir Unissula terus membuka dan mengimplementasikan kerjasama internasional dengan berbagai universitas terkemuka di level internasional.

Dengan berbagai kerja sama tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas iklim pendidikan di Unissula dalam beberapa hal antara lain pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, kerjasama penelitian, studi lanjut dosen dan mahasiswa, dan sebagainya.

Keempat, Diversifiksi kluster studi yang ditunjang oleh fasilitas yang memadai. Di mana, kampus Unissula kini berdiri megah di atas lahan seluas 35 hektar dan memiliki empat kluster studi unggulan yaitu kluster kesehatan, kluster teknik, kluster sosial dan kluster pendidikan.

Dengan berbagai keunggulan tersebut Unissula berharap mampu memberikan sumbangsih dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta memperkuat posisinya sebagai World Class Islamic University. (Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Baca Juga