Agenda di Kendari, Wapres Ma'ruf Amin Serahkan Bantuan ke Penyadang Disabilitas

Haidir Ali, telisik indonesia
Kamis, 19 Mei 2022
0 dilihat
Agenda di Kendari, Wapres Ma'ruf Amin Serahkan Bantuan ke Penyadang Disabilitas
Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin (tengah memakai kemeja coklat dan peci) bergegas meninggalkan Direktorat Disabilitas Loka Meohai Kota Kendari usai menyerahkan BLT. Foto: Haidir Ali/Telisik

" Kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, mendapat pengamanan ketat dari aparat gabungan TNI/Polri "

KENDARI, TELISIK.ID - Kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, mendapat pengamanan ketat dari aparat gabungan TNI/Polri.

Berdasarkan pantau Telisik.id, saat setibanya Ma'ruf Amin di Kendari, nampak pengamanan ditingkatkan, terlebih di kedua ruas jalan Mayjen DI Panjaitan Kota Kendari, kawasan Direktorat Disabilitas Loka Meohai.

Kedatangan Ma'ruf Amin di Direktorat Disabilitas Loka Meohai, guna menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para penyandang disabilitas di tempat itu.

Penyerahan BLT oleh orang nomor dua di Indonesia tersebut, merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Wakil Presiden RI ke daerah Sulawesi Tenggara, yang sebelumnya menghadiri acara peletakan batu pertama PT NIS di Kabupaten Konawe Utara.  

Seperti diungkapkan oleh Kepala Direktorat Disabilitas Loka Meohai Kota Kendari, Budi Sucahyono, beragam jenis bantuan yang diberikan oleh Wapres. Ia mengatakan, ada total 27 orang yang menerima serahan bantuan tersebut.

Beberapa bantuan itu, pertama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berupa Pelatihan Kewirausahaan atau enterpreneurship kepada para santri yang ada di beberapa pondok pesantren di Sulawesi Tenggara.

Kedua, bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI berupa atensi dan alat bantu disabilitas, ketiga, bantuan Jaminan Kesehatan Sosial juga dari Kemensos RI, keempat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta minyak goreng juga dari Kemensos RI, kelima, bantuan  BPJS Ketenagakerjaan dari Kementrian Ketenagakerjaan RI.

Baca Juga: 100 Ton Minyak Goreng Bakal Mendarat di Sulawesi Tenggara Bulan Ini, Prioritas untuk UMKM

"Semua bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden RI tadi, dalam agenda kunjungan kerja di Sulawesi Tenggara," ungkapnya.

Tempat sama, Kepala Pos Daerah Sulawesi Tenggara, Wildan mengatakan, pihaknya diminta oleh Wakil Presiden RI agar menyiapkan 5 orang penerima BLT dan minyak goreng untuk disalurkan pada tahap ke dua.

"Sudah kami siapkan yang diminta sama Pak Wapres RI, 5 orang untuk Bansos minyak goreng," katanya.

Sementara itu, salah satu peserta penerima bantuan dari BAZNAS RI, Muhammad Duwana Said pimpinan pondok pesantren Tahfizul Qur'an Baitul Rahim, Kolaka mengungkapkan, bantuan yang diterima merupakan program dari BAZNAS RI, untuk melatih para santri di bidang enterpreneurship dan kewirausahaan yang secara stimulan.

Katanya, gerakan-gerakan usaha dapat mengembangkan jiwa di bidang berwirausaha kepada para santri yang ada di pondok pesantren.

Baca Juga: Redam Aksi Pembusuran, Polisi Terus Lakukan Razia

Ia juga menambahkan, bantuan ini sangat baik karena harapannya ke depan orientasi para santri tersebut bukan saja menjadi guru atau pun tenaga pendidik. Namun setelah para santri menyelesaikan studi di pondok pesantren, mereka dapat bergerak di bidang usaha, yang didapat dari pelatihan-pelatihan kewirausahaan.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak BAZNAS RI yang bersedia memberi bantuan ini, tadi secara simbolis diberikan oleh Pak Wakil Presiden, namun ini akan berkelanjutan dan nantinya dibentuk tim pengawas untuk menindaklanjuti bantuan dari BAZNAS RI ini," tutupnya. (A)

Penulis: Haidir Ali

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga