AJI Kendari Gelar Editor Meeting Perkuat Informasi Kelompok Marginal di Media Massa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 05 Januari 2024
0 dilihat
AJI Kendari Gelar Editor Meeting Perkuat Informasi Kelompok Marginal di Media Massa
Suasana pelaksanaan Editor Meeting oleh AJI Kendari. Foto: Fitrah/Telisik

" Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari menggelar editor meeting untuk memperkuat informasi kelompok marginal di ruang redaksi "

KENDARI, TELISIK.ID - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari menggelar editor meeting untuk memperkuat informasi kelompok marginal di ruang redaksi.

Acara yang digelar di salah satu cafe di Kota Kendari, Jumat (5/1/2024), mengundang 10 redaktur/editor yang berkerja di ruang redaksi media, baik skala lokal dan nasional yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Diskusi dengan tajuk "Editor Meeting: Dukungan Penguatan Informasi pada Kelompok Marginal" menjadi sarana berbagi untuk membahas berbagai isu dan pemberitaan media, khusus di masa politik saat ini. Editor media di ruang redaksi menjadi nakhoda pemberitaan media.

Ketua AJI Kendari, Rosniawanti mengatakan, kegiatan Editor Meeting ini diikuti sekitar 10 redaktur/editor di berbagai media massa di Sulawesi Tenggara.

Ia menambahkan, topik tentang kelompok marjinal ini diangkat karena pada umumnya orang-orang yang masuk kategori marginal ini nyaris tidak mendapatkan ruang untuk menyampaikan suaranya.

Baca Juga: JMSI Sulawesi Tenggara dan AJI Kendari Desak Polisi Tangkap Pelaku Penikaman Jurnalis di Baubau

"Maka kami mencoba untuk memberikan dukungan kepada kelompok marginal yang tidak dilirik, kita dukung dan dengarkan suara mereka," katanya.

Olehnya itu, lanjut dia, jangan sampai kelompok marginal ini hanya dilirik pada momen tertentu saja, seperti menjelang pemilu saat ini.

"Kita semua, termasuk yang masuk dalam kelompok marginal ini, adalah warga negara yang punya hak yang sama," tambahnya.

Salah satu peserta Editor Meeting, Efendy mengatakan, kegiatan AJI ini sangat menarik dan bermanfaat bagi para editor, khususnya di Kendari.

Bukan hanya menjadi ajang silaturahim, kata dia, tapi juga menjadi ajang diskusi dan bertukar ide dalam membahas isu marginal khususnya menjelang Pemilu 2024.

Ia berharap, dari kegiatan ini ada output yang nyata dari Meeting Editor yang diinisiasi dari AJI, baik dalam hal memberikan saran kepada para editor media massa maupun pengambilan kebijakan dalam hal ini pemerintah daerah.

Baca Juga: Kekerasan dan Penghapusan Foto Jurnalis di Kejari, AJI Kendari dan IJTI Sultra Kecam Aksi Brutal Jaksa dan Sekuriti

"Sehingga kelompok marginal dapat memanfaatkan akses seluas-luasnya atau mendapatkan akses yg sama dengan masyarakat lainnya dalam hal informasi maupun pelayanan publik lainnya," pungkasnya.

Peserta Editor Meeting lainnya, Amel mengatakan, untuk membuka ruang bagi kelompok marginal ini adalah dengan membuat rubrikasi khusus yang memberikan informasi terkait masalah ini.

"Jadi memang rubrikasi untuk kelompok marjinal ini penting dibuat, tapi juga meningkatkan kualitas wartawan itu sendiri dalam melakukan peliputan kelompok marjinal ini," ujarnya. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga