Akibat Cuaca Buruk Harga Ikan di Kota Kendari Melonjak

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 09 Januari 2023
0 dilihat
Akibat Cuaca Buruk Harga Ikan di Kota Kendari Melonjak
Harga ikan di berbagai pasar di Kota Kendari mengalami kenaikan, penyebabnya diduga cuaca buruk. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Harga ikan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan di awal tahun 2023, lonjakan harga itu terjadi di sejumlah pasar tradisional. Pemicu naiknya harga ikan diduga disebabkan adanya cuaca buruk "

TELISIK.ID, KENDARI - Harga ikan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan di awal tahun 2023, lonjakan harga itu terjadi di sejumlah pasar tradisional. Pemicu naiknya harga ikan diduga disebabkan adanya cuaca buruk.

Pantauan dari Telisik.id, di beberapa pasar seperti pasar Baruga hingga di tempat pelelangan Kota Kendari mengalami kenaikan harga ikan.

Salah satu pedagang ikan keliling, Sulfiah mengatakan, harga ikan mengalami kenaikan yang cukup tinggi di awal tahun 2023 ini.

Baca Juga: Padatnya Antrean di SPBU Kendari Gegara Migrasi Pemakaian Kendaraan Non Subsidi

"Ikan lure yang biasanya Rp 10.000 per kilo sekarang bisa sampai Rp 25.000 per kilo, ikan lajang biasanya Rp 15.000 sekarang bisa sampai Rp 30.000 sampai Rp 35.000 per kilo, ujar Sulfiah, Senin (9/1/2023).

Dia menambahkan, banyak pelanggan yang mengeluh akibat kenaikan harga, tetapi karena ikan salah satu kebutuhan jadi tetap ada pembeli.

Baca Juga: Oknum RT di Kendari Diduga Bakar Hutan Lindung Nanga-Nanga

Selain itu, salah satu pedagang di pasar Baruga, Iwan juga mengatakan harga ikan juga naik pada awal tahun ini.

Ikan lajang ukuran sedang yang biasanya dijual Rp 20.000 per kilo, sekarang bisa sampai Rp 35.000 per kilonya sedangkan, ikan lure atau teri yang biasanya harga Rp 25.000 sekarang naik jadi Rp 30.000 per kilo.

Iwan mengatakan, kenaikan harga ikan tersebut terjadi akibat dari cuaca buruk hinga angin kencang dan terang bulan. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga