Akibat Cuaca, Distribusi Logistik Pemilu di Sulawesi Tenggara Tak Serentak

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 08 Februari 2024
0 dilihat
Akibat Cuaca, Distribusi Logistik Pemilu di Sulawesi Tenggara Tak Serentak
Cuaca buruk di Sultra mempengaruhi pendistribusian logistik yang tak serentak. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024, rasa cemas masih menyelimuti KPU Sulawesi Tenggara. Hal ini karena masih ada beberapa kegiatan yang sangat krusial, salah satunya distribusi logistik agar bisa tiba di tempat "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024, rasa cemas masih menyelimuti KPU Sulawesi Tenggara. Hal ini karena masih ada beberapa kegiatan yang sangat krusial, salah satunya distribusi logistik agar bisa tiba di tempat.

Kerjasama dilakukan dengan pihak BMKG dan KPU Sulawesi Tenggara untuk selalu mengupdate perkiraan cuaca jelang hari H pemungutan suara.

Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Azril menjelaskan, bahwa pihaknya sudah datang ke kantor BMKG untuk memastikan waktu yang tepat mendistribusikan logistik ke daerah-daerah.

Baca Juga: Jelang Masa Tenang Kampanye, KPU Sulawesi Tenggara Imbau Tertibkan APK Termasuk di Sosial Media

“Jadi kami sudah tentukan tanggal 10-12 itu sudah mulai dibawa logistik yang melalui perairan. Karena berdasarkan alat di BMKG, kebetulan wilayah perairan di tanggal tersebut sedang landai,” jelasnya, Kamis (8/2/2024).

Namun, kata dia, yang menjadi kendala karena pihak kepolisian akan mengirimkan pasukannya H-2 jelang pemungutan suara pada tanggal 12 Februari 2024.

“Sementara kami tidak bisa kalau mau menunggu itu karena mulai tanggal 9 dan 10 itu sudah harus bergerak di daerah yang sulit dijangkau bahkan ada yang membutuhkan waktu 30 jam lewat darat,” tambahnya.

Maka dari itu, ia memantau per hari ini untuk cuaca pada tanggal 9, dan tanggal 9 akan update lagi untuk yang tanggal 10 agar memastikan semua logistik dapat didistribusikan dengan baik.

Baca Juga: Pemilih Kelompok Rentan Kerap Jadi Korban Politik Uang

“Cuaca memang sangat berpengaruh dalam pendistribusian logistik karena belakangan ini sedang musim Barat,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Polda Sulawesi Tenggara yang diwakili Dirjen Andi Hermawan menyampaikan, pihaknya sudah melakukan Apel Siaga untuk berjaga di wilayah hukum Polda Sultra saat pemungutan suara.

“Kami sudah dapat arahan dari bapak Kapolda Sultra, agar pejabat di Polda Sultra masing-masing mengasistensi di Polres terkait pengamanan,” tambahnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga