Ali Mazi Diberi Gelar Mokole Da'telele Hai Lipu, Pehawa'o Wonua Oleh Raja Moronene

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 11 Maret 2023
0 dilihat
Ali Mazi Diberi Gelar Mokole Da'telele Hai Lipu, Pehawa'o Wonua Oleh Raja Moronene

" Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mendapatkan gelar Mokole Da'telele Hai Lipu, Pehawaha'o Wonua oleh Raja Moronene "

BOMBANA, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mendapatkan gelar Mokole Da'telele Hai Lipu, Pehawa'o Wonua oleh Raja Moronene.

Secara ritual adat digelar di aula Tanduale Kantor Bupati Bombana, Ali Mazi mendapatkan gelar Da'telele Hai Lipu, Pehawa'o Wonua pada Sabtu (11/3/2023)

Dalam istilah Moronene, Mokole Da'telele Hai Lipu, Pehawa'o Wonua berarti bangsawan yang tersohor di negeri, menyayangi daerah.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Bombana Dibuka, Ini Syaratnya

Raja atau Apua Mokole Pauno Rumbia Alfian Pimpie yang diwakili oleh Sekjend Lembaga Adat Kerajaan Moronene Pauno Rumbia, Jinar Ariadi mengatakan, pemberian gelar terhadap Ali Mazi atas sikap perhatiannya terhadap kebudayaan Moronene, seperti dianggap berjasa terhadap pemajuan kebudayaan Suku Moronene yakni

penggunaan baju sentuhan daerah maupun Taali/ikat kepala sebagai uniform ASN pemprov, termasuk juga baju dan ikat kepala Suku Moronene, sampai saat ini.

Menempatkan putra putri Moronene pada beberapa jabatan strategis di lingkungan Pemprov Sulawesi Tenggara dan pembangunan berbagai infrastruktur di Kabupaten Bombana, yang semakin terlihat tidak terlepas dari kebijakan-kebijakannya selama menjabat sebagai gubernur.

"Dari hasil kajian para pemangku adat di Lembaga Adat Kerajaan Moronene Pauno Rumbia, Ali Mazi dinilai layak mendapatkan gelar sebagai bangsawan tersohor di negeri dan menyayangi daerah, karena perhatiannya terhadap perkembangan kebudayaan di Bombana, khususnya budaya adat Moronene," ucapnya.

Baca Juga: Kades di Bombana Dicopot Gegara Tersandung Korupsi, Bupati Tunjuk Pj

Mendapatkan gelar tersebut, Ali Mazi menganggap, gelar yang disematkan terhadapnya merupakan tanggung jawab yang besar yang diamanatkan terhadapnya.

"Terimakasih masyarakat Bombana, apalagi dengan gelar yang diberikan. Ini adalah tanggung jawab yang besar," ungkapnya saat audiens dengan masyarakat.

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Bombana, beberapa agenda yang akan diikuti yakni peresmian gedung olahraga Bombana, jalan santai hingga audiens bersama masyarakat Bombana. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga