Anggota Dewan Dianggap Mati, Mahasiswa Taburkan Bunga Ziarah

Ones Lawolo, telisik indonesia
Senin, 12 Oktober 2020
0 dilihat
Anggota Dewan Dianggap Mati, Mahasiswa Taburkan Bunga Ziarah
Orasi mahasiswa di DPRD Sumut sambil pegang bunga untuk diberikan kepada Polisi dan DPRD Sumut. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Bunga ini kami bagikan sebagai tanda bahwa mahasiswa bisa aksi secara damai, tak ada permusuhan dengan Polisi. "

MEDAN, TELISIK.ID - Puluhan mahasiswa kembali berkumpul di depan Gedung DPRD Sumatera Utara (Sumut), di Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (12/10/2020).

Kedatangan mahasiswa ini langsung menggelar upacara dengan menaikkan bendera merah putih setengah tiang di tengah Jalan depan Gedung DPRD Sumut.

Usai upacaranya, aksi demo mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Sumut Berduka (Murka) membagikan bunga kepada para Polisi yang mengawal aksi mereka.

"Bunga ini kami bagikan sebagai tanda bahwa mahasiswa bisa aksi secara damai, tak ada permusuhan dengan Polisi," kata salah satu mahasiswa, Ibnu Prayatno dalam orasinya.

Selain membagikan bunga kepada Polisi, mahasiswa juga memberikan setangkai bunga kepada Anggota DPRD Sumut yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara, Rahmadsyah Sibarani.

Tujuan bunga tersebut, kata Ibnu, untuk mahasiswa mengkritik matinya demokrasi yang tidak mendengarkan aspirasi masyarakat terkait penolakan UU Cipta Kerja yang telah disahkan pemerintah pusat melalui DPR RI.

Baca juga: Psikotes CASN Diminta Batalkan, Ini Jawaban Kepala BKPSDM Muna

"Kami datang di sini berbelasungkawa karena matinya demokrasi di Indonesia. Salah satunya karena tidak mendengar aspirasi rakyat yang menolak UU Cipta Kerja," ujarnya.

Kemudian, mahasiswa juga menaburkan bunga di depan DPRD Sumut sebagai simbol kedatangan mereka untuk berziarah ke gedung dewan.

Mereka membawa sejumlah alat peraga demonstrasi seperti spanduk, bendera. Sanduk sendiri tertulis "RIP DEMOKRASI" dengan meletakkan di kawat barier yang merupakan pembatasan aksi demo di DPRD Sumut.

"Kami juga berduka karena Anggota DPRD Sumut sudah mati. Mati nuraninya, mati jiwanya. Bunga ini untuk Anggota DPRD Sumut," pungkasnya kepada Telisik.id ketika diwawancarai.

Sementara, Wakil ketua DPRD Sumatera Utara, Rahmadsyah Sibarani bersama Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko menerima bunga yang diberikan mahasiswa tersebut dengan mengucapkan berterimakasih. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga