Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19, Pemkot Tambah Kapasitas Rumah Sakit

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 16 Mei 2020
0 dilihat
Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19, Pemkot Tambah Kapasitas Rumah Sakit
Wali Kota Kendari akan menambah kapasitas bad RSUD Kota Kendari untuk mengantisiasi lonjakan pasian COVID-19. Foto: Musdar/Telisik

" Ini kita lakukan sebagai bentuk antisiapasi persiapan segala sesuatu yang bisa saja terjadi, tentu saja ini kita tidak inginkan terisi, tapi lebih bagus kita mempersiapkan segala sesuatunya daripada kita terdesak. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari akan segera menambah kapasitas RSUD Kota Kendari untuk menangani pasien COVID-19 yang jumlahnya masih terus bertambah.

Kapasitas RS yang akan ditambah berupa bad (ranjang pasien) dari yang semula hanya 50 bad akan ditambah menjadi 100 bad.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, penambahan kapasitas RS mengingat pada data terakhir pasien positif di Kota Kendari membludak sampai menembus angka 14 kasus baru.

Dari tambahan tersebut total kasus positif menjadi 48 kasus, 33 di antaranya masih dirawat. Tidak hanya itu saja, saat ini masih ada sekira 100 sampel swab yang sudah dikirim di Makassar dan tinggal menunggu hasil.

Baca juga: PT. Bososi Pratama Dukung Penyelidikan Bareskrim Mabes Polri

"Ini kita lakukan sebagai bentuk antisipasi persiapan segala sesuatu yang bisa saja terjadi, tentu saja ini kita tidak inginkan terisi, tapi lebih bagus kita mempersiapkan segala sesuatunya daripada kita terdesak," terang Sulkarnain, Sabtu (16/5/2020).

Untuk penambahan kapasitas di RSUD Kota Kendari, Sulkarnain telah meminta kepada pihak rumah sakit agar dalam beberapa hari ke depan 100 bad bisa segera direalisasikan.

"Saya menugaskan kepada Direktur RSUD,  paling lambat hari Senin," tambahnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman menerangkan, rencana penambahan bad RSUD tengah dalam proses pengerjaan dan dipastikan dalam beberapa hari ke depan 100 bad sudah siap.

"Sementara dalam pengerjaan, Insya Allah minggu depan sudah terealisasi," pungkasnya.

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Baca Juga