adplus-dvertising

Aparat TNI-Polri Kawal Mahasiswa Bubarkan Diri Lalui Kawasan Monas

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Selasa, 20 Oktober 2020
937 dilihat
Aparat TNI-Polri Kawal Mahasiswa Bubarkan Diri Lalui Kawasan Monas
Suasana aksi BEM SI. Foto: Rahmat Tunny/Telisik.

" Massa aksi kemudian diarahkan masuk melewati pintu Monas bagian selatan dan keluar di samping stasiun Gambir. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Aksi unjuk rasa Aliansi BEM Seluruh Indonesia di kawasan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka, pada Selasa (20/10/2020) berlangsung damai.

Mahasiswa yang awalnya menolak perwakilan presiden untuk menemui mereka akhirnya membubarkan diri dengan tertib.

Sebelumnya, dalam negosiasi dengan aparat kepolisian untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak dikabulkan. Pihak Pemerintah yang akan diwakilkan oleh salah satu menteri untuk bertemu dengan mahasiswa ditolak dengan keras oleh pengunjuk rasa.


Negosiasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jakarta Pusat, Komjen Pol Heru Novianto itu mentok di keinginan mahasiswa yang ingin bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo. Karena menolak perwakilan dari menteri, mahasiswa langsung membubarkan diri dengan pengawalan ketat dari aparat TNI-Polri.

Baca juga: Pendemo Tolak UU Ciptaker Minta Ditemui Jokowi

Berdasarkan pantauan, Telisik.id, mahasiswa yang menggelar unjuk rasa tepat di Jalan Medan Merdeka Selatan, diarahkan oleh aparat keamanan untuk membubarkan diri lewat area Monumen Nasional (Monas) untuk menghindari penyusup yang akan membuat rusuh.

Massa aksi kemudian diarahkan masuk melewati pintu Monas bagian selatan dan keluar di samping stasiun Gambir.

Diketahui, selain mahasiswa dari BEM-SI, massa demonstrasi juga berasal dari organisasi kemahasiswaan, seperti PMKRI, HMI dan PMII, Serikat buruh dan masyarakat. Nampak di lokasi aksi juga ada anak-anak STM. (B)

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga