Apdesi Sulawesi Tenggara Alternatif Percepatan Pembangunan dan Kemajuan Desa

Rina Gayatri, telisik indonesia
Jumat, 21 Juli 2023
0 dilihat
Apdesi Sulawesi Tenggara Alternatif Percepatan Pembangunan dan Kemajuan Desa
Pengurus DPD Apdesi Sulawesi Tenggara masa bakti 2023-2028 resmi dilantik. Foto: Rina Gayatri/Telisik

" Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (DPD Apdesi) Sulawesi Tenggara masa bakti 2023-2028 resmi dilantik, bertempat di Hotel Plaza Kubra "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (DPD Apdesi) Sulawesi Tenggara masa bakti 2023-2028 resmi dilantik, bertempat di Hotel Plaza Kubra, Jumat (21/7/2023).

Para pengurus di bawah kepemimpinan La Ode Alwi Haidatul itu diambil langsung sumpahnya oleh Ketua DPP Apdesi, Surta Wijaya, didampingi Wasekjend DPP Apdesi, Ana Karmana.

Pasca pelantikan, Kepala Desa Umba, Kecamatan Napano Kusambi, Muna Barat sekaligus pemegang estafet kepemimpinan di Apdesi Sulawesi Tenggara, La Ode Alwi Haidatul mengatakan, akan segera menjalin kolaborasi dengan pemerintah pusat guna mengurai secara detail sejumlah permasalahan yang ada di beberapa desa di Bumi Anoa.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sidak Rutan Kelas IIA Kendari, Ini Sasarannya

“Kita akan himpun semua persoalan di semua DPC dan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) lalu kita akan sodorkan ke pemerintah. Dari makalah persoalan yang ada di Sulawesi Tenggara, Apdesi berharap mampu diurai secara detail oleh pemerintah,” ulasnya saat dikonfirmasi sesaat usai pelantikan.

Penyematanan baju secara simbolis kepada pengurus DPD Apdesi Sulawesi Tenggara yang baeu diLantik. Foto: Rina Gayatri/Telisik

 

Hadirnya Apdesi dapat menjadi alternatif percepatan pembangunan dan kemajuan Indonesia dari desa. Seluruh aspirasi masyarakat desa akan dihimpun oleh para pengurus di tingkat kabupaten/kota untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat.

Kegiatan pengambilan sumpah para pengurus dihadiri serta disaksikan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, Pj Bupati Muna Barat, Bahri, serta Dewan MPO DPD Apdesi Sulawesi Tenggara terdiri atas Laode Muhammad Amsar, Muhammad Fajar Hasan, dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasid.

Suasana pelantikan DPD Apdesi Sulawesi Tenggara yang digelar di Kota Kendari. Foto: Rina Gayatri/Telisik

Baca Juga: Sipintar Pangan, Inovasi Digital Update Data Harga Pangan

Selaku Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas mengatakan, tujuan dibentuknya organisasi itu adalah untuk memperjuangkan hak-hak dan kepentingan masyarakat desa. Ia menekankan kepada semua anggota pengurus Apdesi Sulawesi Tenggara harus memperhatikan fasilitas desa, dan berharap agar masyarakat desa sejahtera dan terpenuhi hak-haknya.

"Kalau desa kuat, daya maju negara aman dan sejahtera, karena pusat pembangunan dan pusat pelayanan masyarakat ada di desa. Yang terpenting fasilitas yang perlukan masyarakat desa harus terpenuhi," tuturnya. (B-Adv)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga