Aplikasi E-PKK Sulawesi Tenggara Diluncurkan, Ini Fungsinya

Aris Mantobua, telisik indonesia
Selasa, 14 Juni 2022
0 dilihat
Aplikasi E-PKK Sulawesi Tenggara Diluncurkan, Ini Fungsinya
Ilyas Abibu (tengah), Nur Endang (kanan) saat meluncurkan aplikasi E-PKK (SY-AGYPRA). Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Aplikasi E-PKK Sulawesi Tenggara diberi nama SI-AGYPRA yang menjadi aplikasi PKK ke-10 di Seluruh Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Aplikasi E-PKK yang memiliki sejumlah fungsi penting di antaranya menginput data penduduk resmi diluncurkan oleh PKK Sulawesi Tenggara pada Senin (13/6/2022) kemarin.

Aplikasi E-PKK Sulawesi Tenggara diberi nama SI-AGYPRA yang menjadi aplikasi PKK ke-10 di Seluruh Indonesia.

Pj Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Endang mengatakan aplikasi E-PKK atau SI-AGYPRA hadir untuk memenuhi kebutuhan PKK Sulawesi Tenggara untuk meninggalkan penginputan data konvensional dan beralih ke data berbasis digital.

Pembuatan aplikasi E-PKK bertujuan untuk mendorong kader PKK Sulawesi Tenggara dalam memahami dan mengetahui dunia informasi teknologi sehingga mampu mengoperasikan aplikasi dalam pembuatan data.

"Harapannya dalam pembuatan aplikasi E-PKK ini menjadi bank data sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," harap Endang.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Wa Ode Nurani Rahim mengatakan pihaknya membuat aplikasi E-PKK bertujuan untuk pengembangan PKK Sulawesi Tenggara dalam hal penginputan data. Segala bentuk data akan saling terhubung satu sama lain dengan seluruh kegiatan yang dilakukan PKK kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Kalla Toyota Buka Lowongan Kerja, Cek Kualifikasi dan Syaratnya

Ada beberapa fungsi penting dalam pengembangan aplikasi PKK. Fungsi tersebut di antaranya memberikan informasi potensi desa wisata yang dimiliki kabupaten/kota Sulawesi Tenggara, menampilkan data kependudukan, data jumlah kelahiran, data rumah tangga, lansia, posyandu, hingga update kegiatan PKK dan dasawisma ditingkat provinsi hingga desa/kelurahan.

Selain itu, E-PKK (SI-AGYPRA) akan menjelaskan kinerja PKK dalam bertugas merencanakan, melaksanakan dan membina pelaksanaan program-program PKK secara konstruktif mulai tingkat provinsi, kabupaten/kota, desa dan kelurahan yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

"Aplikasi ini sudah sesuai dengan hasil rakernas ke-9 PKK Seluruh Indonesia. Data yang masuk dalam aplikasi tersebut mampu terkoordinasi secara langsung antara ketua penggerak PKK kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Tenggara," terangnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi diwakili oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulawesi Tenggara, Ilyas Habibu mengapresiasi PKK Sulawesi Tenggara yang telah melakukan terobosan dalam mengembangkan aplikasi berbasis digital dalam penginputan data dari konvensional menjadi data berbasis digital.

Baca Juga: Berawal Hobi, Ibu Rumah Tangga Ini Jadikan Limbah Cangkang Kerang Sumber Penghasilan

Harapannya dengan adanya aplikasi PKK mampu memberikan kemudahan dalam penginputan data, pelaporan secara berjenjang yang lebih aktual yang mampu diakses oleh semua pihak.

"Secara umum dengan aplikasi E-PKK tersebut mampu memberikan data yang komprehensif serta sistematis dari jenjang dasawisma, desa/kelurahan, kacamata, kabupaten/kota hingga Provinsi Sulawesi Tenggara," pungkasnya.

Sebagai informasi E-PKK dilaunching bersamaan dengan kegiatan rapat konsultasi PKK dan sosialisasi desa wisata tematik terintegrasi 10 program PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022. (A)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Musdar

Baca Juga