Arus Balik Lebaran, Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Sulawesi Tenggara

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 04 Mei 2022
0 dilihat
Arus Balik Lebaran, Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Sulawesi Tenggara
Suasana arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Nusantara Kota Kendari. Foto: Musdar/Telisik

" Warga atau pemudik yang akan melakukan perjalanan dari kampung halaman melalui jalur laut saat arus balik lebaran 2022, diminta untuk mewaspadai gelombang tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga atau pemudik yang akan melakukan perjalanan dari kampung halaman melalui jalur laut saat arus balik lebaran 2022, diminta untuk mewaspadai gelombang tinggi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi akan terjadi di sejumlah perairan Sulawesi Tenggara (Sultra), 4 hingga 9 Mei 2022.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie memprediksi tinggi gelombang pada 4 hingga 6 Mei berkisar 0,1-1,25 meter, di mana angin bertiup dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 2-15 knot.

Sedangkan 7 hingga 9 Mei diprakirakan terjadi peningkatan tinggi gelombang hingga berkisar 1.25-2.5 meter, di mana kecepatan anginnya 5-20 knot, terutama di perairan Baubau bagian utara dan selatan, per Menui Kendari bagian timur, Laut Banda timur Sultra bagian barat dan selatan, per utara Wakatobi bagian barat dan timur, per selatan Wakatobi bagian barat dan timur.

Baca Juga: Kondisi Kakanwil Kemenag Sultra Membaik Pasca Kecelakaan, Sempat jadi Khatib Walau Tangan Diperban

"Kepada masyarakat yang beraktivitas di laut harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran perahu nelayan dan jalur penyeberangan jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m," imbau Faizal Habibie.

Sementara sejumlah warga yang dikonfirmasi akan kembali dari Kabupaten Muna ke Kota Kendari pada 7 Mei 2022.

Baca Juga: Buntut Lakalantas, Poros Kendari-Konawe Macet 7,9 Km

La Asnar pemudik dari kabupaten Muna memilih kembali ke Kota Kendari pada 7 Mei dikarenakan akan kembali bekerja pada 9 Mei.

Senada pemudik lainnya Adil Haq akan kembali ke kota pada 7 Mei. "Insya Allah kalau tidak ada halangan 7 Mei atau 8 Mei," ucapnya.

Sebelumnya, pemerintah telah memprediksi puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022. (A)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani HambalI

Baca Juga